Gedung IGD Puskesmas Tinondo Diresmikan

  • Bagikan

KOLAKAPOS, Tirawuta -- Bupati Kolaka Timur (Koltim) H. Tony Herbiansyah didampingi Ketua TP PKK Surya Adelina meresmikan Gedung Instalasi gawat Darurat (IGD) Puskesmas Tinondo yang di rangkaikan dengan peresmian gedung UPTD KB serta pelayanan kesehatan bergerak, selasa (21/01).

Bupati Koltim H. Tony Herbiansyah mengatakan, kesehatan bergerak dimaksudkan untuk mengubah cara berfikri dan bertindak, dimana aparat pemerintah yang memberikan pelayanan kepada masyarakat yakni jemput bola.

" Pola kita rubah sekarang, diharapkan tenaga kesehatan mendeteksi lebih awal kesehatan masyarakat untuk mengetahui keluhan mereka secara dini, jadi jangan sudah sakit baru berobat tapi bagaimana kita antisipasi," ucapnya.

Ia mengungkapkan, Pemda dalam pelayanan kesehatan bergerak salah satu untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM).

"Salah satu juga upaya Pemda dalam pelayanan kesehatan adalah memberikan sarana dan prasarana seperti peresmian IGD puskesmas Tinondo ini dan kita juga akan mengupayakan tambahan dokter di Koltim," urainya.

Sementara itu, Kepala Dinas ( Kesehatan Koltim Barwik sirait mengungkapkan, kesehatan bergerak kali ini merupakan titik yang ke 10, terkait pembangunan IGD 2019 ini tidak lepas dari program Ketua TP PKK yang saat itu menjabat sebagai Plt Kadis Kesehatan.

"Saat ini kita mempunyai konsep baru di mana kita mendekatkan pelayanan, mengajak petugas medis untuk keluar dan tidak pasiv du kantor saja, sehingga kita akan sering lakukan evaluasi, kita tuntut para Kepala Puskesmas untuk agar para tenaga medisnya banyak berkunjung ke warga. Saat ini puskesmas Tinondo hanya bisa di akses 5 Desa dan satu kelurahan dengan jumlah jiwa 3500, kami berharap kedepan kita akan usulkan pembangunan puskesmas yang letaknya strategis agar bisa di jangku lagi sekitar 6000 jiwa sehingga bisa merata, dan tahun 2019 ini Puskesmas Tinondo meraih Akreditasi Madya," imbuhnya.

Terkait fasilitas IGD dr. Putu Ayu kepada Bumi Sultra menuturkan, ada tiga ranjang untuk pasien, kemudian hecting set untuk pasien yang luka, oksigen untuk sesak napas, alat sterilisator untuk mensterilkan alat yang sudah di pakai, jadi semua sudah di lengkapi, kata dokter cantik kelahiran Ladongi ini.

Usai peresmian IGD Bupati Koltim bersama Kerua TP PKK melanjutkan peresmian Mushallah Puskesmas dan pelayanan kesehatan bagi warga Tinondo oleh tim medis Puskesmas.

Salah seorang warga Tinondo yang hadir di kesehatan bergerak Sitti mengatakan, warga sagat membutuhkan pelayanan seperti ini. Apalagi kalau petugasnya datang ke rumah warga, sehingga kesehatan warga bisa di periksa, jangan lagi sakit baru di obati.

Berhubungan dengan kegiatan kesehatan hari ini, Tony herbiansyah sebelumnya melakukan panen tanaman sorgum di mana tanaman ini bisa memberikan kesehatan bagi masyarakat.

Seperti penuturan Camat Tinondo Ahmad bahwa salah seorang warga di sini lama mengalamai kelumpuhan setelah menkonsumi sorgum ini kembali sehat dan sudah bisa berjalan, hanya menkonsumi sorgun selama 2 minggu. Luas tanaman sorgun yang di panen perdana Bupati seluas 35 hektar.

Hadir dalam kegiatan tersebut para asisten, staf ahli, Opd serta para Kades se Kec Tinondo.(m2/b)

  • Bagikan