Siswa SDN 2 Bangkudu Wakili Sultra Ditingkat Nasional

  • Bagikan
Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta Didik, Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Butur Safiun

KOLAKAPOSNEWS.COM, Buranga -- Umar Alfakhri, siswa kelas enam SDN 2 Bangkudu, Kecamatan Kulisusu, Buton Utara akan mewakili Sultra di Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD). Ia akan berkompetisi pada mata pelajaran Matematika tingkat nasional tahun 2020.

Umar sebelumnya telah mengikuti proses seleksi bertahap mulai dari tingkat kabupaten hingga provinsi.

Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta Didik, Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Butur Safiun saat ditemui mengatakan, proses seleksi dilaksanakan sebelum pandemi Covid-19. "Alhamdulillah tahun ini Buton Utara, dinas pendidikan berhasil untuk mewakili lagi Provinsi Sulawesi Tenggara walupun dilaksanakan secara virtual. Dua tahun lalu kita juga mewakili provinsi Sulawesi Tenggara mata pelajaran IPA, sekarang lolos lagi SDN 2 Bangkudu mewakili provinsi," ujarnya.

Ia menuturkan, keberhasilan ini tentu akan meningkatkan semangat peserta didik untuk berkompetisi ditikat Sekolah Dasar. "Kita dari dinas pendidikan akan mendampingi sampai ke tingkat seleksi nasional. Insyaallah kita menjadi hitungan, paling tidak 5 besar atau 3 besar, kalau perlu jadi juara," ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya selalu memberikan dukungan dan motivasi dari tahun ke tahun terhadap peserta didik yang berkompetisi baik tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. "Memberikan hadiah dari tahun ke tahun bagi pemenang lomba, ini merupakan salah satu bentuk motivasi bagi peserta didik dan orang tua peserta didik memotivasi anak-anaknya untuk berajar," tandasnya.

Diketahui, Umar lolos sebagai peserta berdasarkan keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Sekertariat Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2110/J3/PD/2020 tentang penetapan calon peserta KSN-SD tingkat nasional tahun 2020. Seleksi dan Penetapan Kompetisi Sains Nasional-Sekolah Dasar (KSN-SD) Tingkat Provinsi Tahun 2020 telah dilaksanakan pada tanggal 6 sampai dengan 11 Oktober 2020 di Bogor Green Forest Horison, Kota Bogor, Jawa Barat. (k10).

  • Bagikan