Kriteria Calon Ketua DPRD dari PDIP : Agil Paling Potensial

  • Bagikan
Ketua DPD PDIP Sultra Lukman Abunawas didampingi I Ketut Arjana (kiri) dan Muh. Agil Siradj Ahmad (kedua kiri). FOTO: Ist/ Kolaka Pos

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kendari- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mencatat hasil gemilang pada Pilcaleg 2024 lalu dengan meraih 13 kursi unsur pimpinan di DPRD se Sultra. Rinciannya, 7 kursi ketua DPRD dan 6 kursi wakil ketua DPRD. Totalnya, PDIP meraih 81 kursi di 17 kabupaten dan kota plus DPRD Sultra.

Di Kolaka, PDIP juga menancapkan hegemoninya dengan meraih suara terbanyak yang menjadikan partai wong cilik itu meraih 5 kursi. Partai yang di Kolaka dipimpin oleh Suasana HM dipastikan merengkuh kursi ketua DPRD Kolaka.

Lantas dari lima peraih kursi di DPRD, siapa yang akan ditunjuk PDIP menjadi ketua DPRD? Ketua DPD PDIP Sultra Lukman Abunawas yang ditanya hal itu, memberikan tiga kriteria tegas terhadap calon ketua DPRD yang akan ditunjuk PDIP.

Pertama kata Lukman, yang ditunjuk menjadi ketua DPRD harus kader PDIP. Kedua, peraih suara terbanyak. Ketiga, mampu untuk berkomitmen dengan program partai. "Itu yang menjadi pedoman kita dalam penentuan ketua dan wakil ketua DPRD. Pertama mengutamakan kader, kedua dia peraih suara terbanyak, ketiga dia mampu untuk komitmen dengan program partai," ulangnya menegaskan.

Siapapun yang memenuhi kriteria tersebut akan diusulkan oleh DPD ke DPP PDIP untuk finalisasi nama yang akan ditunjuk. "Kita usul nanti tiga orang (calon pimpinan DPRD untuk ditetapkan oleh DPP PDIP, red)," tandas Lukman.

Lima caleg terpilih PDIP di DPRD Kolaka yakni Muh. Agil Siradj Ahmad, Anita Tandipuang, Nataniel Marthen, I Ketut Arjana, Margaretha. Dari kelima nama tersebut, Agil paling berpotensi memenuhi kriteria yang disebutkan Lukman Abunawas. Ia merupakan kader PDIP peraih suara terbanyak di Pilcaleg Kolaka lalu.

Meski demikian, Agil tak mau berekspektasi tinggi. Ia berujar lebih mengedepankan kedaulatan partai. Karena itu, ia akan patuh pada apapun putusan partai. "Kalau penegasan dari pak ketua DPD (Lukman Abunawas), saya sudah memenuhi kriteria untuk pimpinan DPRD Kolaka. Tetapi sekali lagi, saya adalah kader yang akan tetap patuh pada keputusan DPP, siapa yang direkomendasikan untuk menduduki ketua DPRD Kolaka," ujarnya saat dihubungi lewat telepon, Senin (13/5/2024).

Kalaupun nantinya DPP PDIP menugaskan dirinya sebagai ketua DPRD Kolaka, Agil mengaku siap untuk melaksanakan mandat. Itu menjadi sarana yang tepat baginya untuk memperjuangkan aspirasi yang telah dijanjikan saat Pilcaleg. "Insyaallah kalau dipercayakan, saya siap menjalankan Amanah tersebut," tandasnya. (ema)

  • Bagikan

Exit mobile version