Nusantara Baru

  • Bagikan

Oleh:
Komjen Pol (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto, SIK., MH.
Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara

Indonesia. 79 tahun telah diakui kedaulatannya. Dengan mengobarkan maklumat kemerdekaan, menghapus segala bentuk penjajahan di muka bumi dalam mukaddimahnya. Suara itu harus menjadi spirit generasi bangsa dalam mewujudkan hakikat kemerdekaan yang sesungguhnya.

Usia 79 tahun, Indonesia kian memperkokoh jati dirinya. Tanah Pertiwi semakin mandiri dalam segala tatanan aspek berbangsa dan bernegara. Satu persatu atribut bawaan kolonial ditanggalkan. Indonesia akan tampil dengan wajah sendiri sebagai bangsa yang besar, bangsa yang kuat, dan bangsa yang diperhitungkan di dunia internasional.

Gebrakan terbesar Indonesia lepas total dari efek kolonial salah satunya berasal dari terobosan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Korps Pengayoman sukses mengesahkan produk Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang merupakan produk murni karya anak Bangsa Indonesia. Puluhan tahun kita mengadopsi KUHP peninggalan Belanda dalam pelaksanaan hukum positif di Indonesia. Kini, Indonesia memiliki produk KUHP sendiri, murni produk Indonesia yang akan menjadi landasan pelaksanaan dan penegakan supremasi hukum di Indonesia.

Selain itu, mahakarya anak bangsa yang bisa mengubah wajah Indonesia telah lahir. Indonesia mewujudkan impian para pejuang kemerdekaan yang mengharapkan identitas negeri ini benar-benar lahir dari anak bangsa sendiri. Karya monumental yang akan membawa Indonesia lebih maju, modern, dan inklusif. Karya ini akan menjadi kado Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia tahun 2024 ini.

Sebuah karya hebat. Ibu Kota Nusantara (IKN). Decak kagum bagi setiap orang yang melihatnya. IKN bukan hanya megaproyek fisik semata, namun sebuah langkah visioner yang akan mengubah wajah bangsa dan masa depan Indonesia. Sebuah simbol kemajuan dan kemakmuran bagi generasi mendatang..

IKN sebuah komitmen pemerintahan atas komando Presiden Jokowi. Melahirkan pusat pemerintahan yang modern, efisien, dan inklusif bagi seluruh rakyat Indonesia. IKN juga mengubah mindset (cara berpikir) dan pola kerja kita. Tentunya, Sulawesi Tenggara harus menyambut prestasi ini dan mendukung penuh konsep keberlanjutan pembangunan IKN.

Istana Garuda IKN menjadi simbol kelahiran Indonesia baru. Indonesia masa kini. Indonesia masa depan. IKN tak sekadar mewujudkan pusat pemerintahan baru, namun IKN sebagai karya nyata anak bangsa benar-benar lahir dari rahim murni Indonesia. Istana Senayan Jakarta dan Istana Bogor masih ada bayang-bayang warisan kolonial. Tapi IKN, benar-benar lahir atas karya hebat anak bangsa.

Nusantara Baru. Sebuah spirit baru memacu adrenalin untuk bangkit menuju Indonesia maju. Indonesia emas. Dan kejayaan dunia ada di Indonesia, insya Allah. IKN akan menjadi contoh pembangunan kota masa depan. Dengan mengadopsi konsep forest city. Kota masa depan berbasis lingkungan hijau.

Kota masa depan dunia. IKN akan menjadi smart city. Ditopang oleh kemajuan teknologi canggih dalam setiap aktivitas di wilayah tersebut.

Nusantara Baru, Indonesia Maju. 79 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia harus menjadi momentum merefleksi diri bagi seluruh anak bangsa. Nusantara baru menjadi spirit baru yang lebih kuat untuk mewujudkan Indonesia sejahtera, adil dan makmur.

Dirgahayu Indonesia. Saatnya kita.mengguncangkan dunia. Jayalah Negeriku. Hu Ha. (@br)

  • Bagikan

Exit mobile version