SDN 3 Lamokato Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional

  • Bagikan
Guru SDN 3 Lamokato Arham (kiri) bersama Kepala DLHK Kolaka Sujianto saat menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional, di Jakarta, Rabu (2/10).

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka - Prestasi membanggakan kembali diraih Kabupaten Kolaka. Kali ini, SDN 3 Lamokato menerima penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), bahkan perolehan penghargaan tersebut merupakan satu-satunya di Sulawesi Tenggara.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Alue Dohong, kepada guru SDN 3 Lamokato Arham, yang didampingi kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kolaka Sujianto, bertempat di di Auditorium Manggala Wana Bhakti Jakarta, Rabu (2/10).

Menurut Kepala DLHK Kolaka Sujianto, SDN 3 Lamokato merupakan satu-satunya sekolah yang mewakili Sultra, serta menjadi peserta dari 512 sekolah seluruh Indonesia, yang mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional.

Ia menambahkan, penerima penghargaan Adiwiyata dinilai telah berhasil, menerapkan praktek-praktek baik dan perilaku ramah lingkungan hidup di sekolah dan sekitar sekolah. Dalam pelaksanaannya, mereka juga melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di Sekolah.

"Penerapan Sekolah Adiwiyata akan berdampak terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya, juga pada daerah setempat sehingga bisa didapatkan lingkungan pemukiman yang baik dan sehat," ujurnya.

Selain itu, lanjut mantan camat Wundulako ini, tujuan didirikannya Sekolah Adiwiyata yakni, menciptakan tempat belajar yang lebih baik untuk meningkatkan mutu murid, guru, wali murid, hingga masyarakat sekitar, sekaligus melestarikan lingkungan hidup. Ikut membantu melestarikan lingkungan hidup demi keberlangsungan generasi yang akan datang. Kemudian, warga sekolah bertanggung jawab dalam menyelamatkan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Untuk diketahui, empat tahun berturut-turut sekolah di Bumi Mekongga menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata, yaitu SMPN 1 Kolaka pada tahun 2021, SMPN 2 Kolaka tahun 2022, SDN 1 Kolaka pada tahun lalu dan SDN 3 Lamokato tahun ini. (wir)

  • Bagikan

Exit mobile version