Pemkab Komitmen Bangun Rumah Adat

  • Bagikan
Sekda Konsel Ir. Sjarif Sajjang saat menghadiri acara pengukuhan DPD LAT Sultra

KOLAKAPOSNEWS.COM, Andoolo -- Sekda Konawe Selatan (Konsel), H. Sjarif Sajang menegaskan kembali komitmen Pemda untuk mendirikan rumah adat. Hal itu disampaikannya, usai dilantik sebagai Dewan Penyantun DPD Lembaga Adat Tolaki (LAT) Sultra masa bakti 2020-2025, di salah satu hotel di kota Kendari, Kamis (27/8).

"Insya Allah program Bupati Konsel H Surunuddin Dangga, yang pernah beliau sampaikan pada Februari 2020 lalu masih tetap berjalan, yakni rencana pembangunan rumah adat pada Tahun 2021," ujar Sjarif setelah pengukuhan.

Tujuan pembangunan itu lanjut dia, agar dapat mempersatukan seluruh paguyuban suku yang ada di Konsel, dengan dijadikan sebagai tempat pertemuan atau kegiatan adat semua suku. "Selain itu, sebagai salah satu agenda yang wajib disukseskan melalu sinergi bersama, demi pelestarian budaya dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sesuai RPJM Pemda Konsel menuju terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat," tuturnya.

Dikatakannya juga, bahwa seyogyanya tahun ini sudah masuk dalam penganggaran, namun karena adanya pandemi yang menimpa seluruh dunia, tak terkecuali di Konsel, dan menjalankan perintah presiden, sehingga diperlukan upaya penanganan bersama antara Pusat dan Pemda, melalui realokasi dan refocusing anggaran belanja APBN dan APBD TA 2020. "Bupati maunya tahun ini sudah beres pembahasannya terkait rumah adat, namun karena covid sehingga turut berimbas pada pembangunannya, akibat anggaran APBD yang direfocusing untuk penanganan wabah membahayakan kesehatan tersebut," tekannya.

Namun, kembali ditegaskan Sjarif, sesuai arahan Bupati pembangunan rumah adat tetap masuk dalam program prioritas Pemda yang bakal direalisasikan pada Tahun 2021 nantinya. (k5)

  • Bagikan

Exit mobile version