Bupati Apresiasi Peran Bank BRI Pacu Tumbuhnya UMKM di Kolaka

  • Bagikan
Plt Bupati Kolaka H. Muhammad Jayadin

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka - Plt Bupati Kolaka H. Muhammad Jayadin mengapresiasi peran dan dukungan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang turut serta memacu tumbuhnya ekonomi masyarakat Bumi Mekongga.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Bank BRI sudah berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah dan dunia usaha dalam rangka menjaga tumbuhnya ekonomi di tengah-tengah masyarakat," ujar Jayadin saat menghadiri acara Panen Hadiah Simpedes BRI Kolaka di Taman Kota, Sabtu (25/10/22) malam.

Jayadin mengatakan saat ini Pemda Kolaka terus mendorong tumbuhnya ekonomi masyarakat melalui sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Teranyar, Pemda melalui Dinas Koperasi dan UKM menggelar event Gebyar UMKM selama lima malam di Alun-Alun 19 November. Event ini bertujuan untuk memberikan panggung kepada pelaku UMKM memamerkan dan memasarkan produk usahanya. Jayadin mengatakan pertumbuhan UMKM tak terlepas dari dukungan sektor perbankan yang memberikan pinjaman modal usaha. "Kita berharap mudah-mudahan ekonomi mikro kita tumbuh dan berkembang terus sesuai dengan harapan, karena memang salah satu penunjang ekonomi bangsa ini adalah ekonomi mikro," tuturnya.

Ia pun mengajak masyarakat Kolaka untuk memanfaatkan layanan jasa keuangan Bank BRI. "Saya selaku pemerintah mengajak masyarakat Kabupaten Kolaka, mari kita jadikan Bank BRI ini sebagai bank kecintaan kita. Kalau ada sesuatu yang disimpan atau dipinjam manfaatkan layanan jasa dari Bank BRI. Mudah-mudahan ke depan Bank BRI semakin maju dan semakin baik memberikan pelayanan kepada nasabah. Kemudian semakin baik bersinergi dengan pemerintah dan seluruh stekeholder yang ada supaya ke depan semakin baik, dan Insyaallah akan selalu jaya," kata dia.

Sementara itu, Pimpinan Cabang BRI Kolaka Reza Setiaji memaparkan capaian kinerja sampai dengan bulan Oktober 2023, BRI Cabang Kolaka mencatatkan dana simpanan sebesar Rp1,9 triliun. Rp1,3 triliun di antaranya adalah simpanan dari segmen mikro. "Sementara untuk posisi penyaluran pinjaman, BRI Kolaka mampu mengumpulkan pinjaman Rp3,4 triliun, dimana Rp1,8 triliun di antaranya adalah pinjaman segmen mikro. Kemudian untuk pinjaman KUR, BRI Kolaka sepanjang tahun 2023 telah menyalurkan KUR sebanyak Rp606 miliar, Rp102 miliar segmen ritel dan 504 miliar adalah KUR segmen mikro," papar Reza.

"Kinerja ini berkat kerjasama BRI Kolaka dengan Pemerintah Kabupaten Kolaka, unsur Forkompimda, dan nasabah semuanya. Terima kasih banyak atas kerja sama yang terjalin selama ini. Mudah-mudahan kinerja kami lebih baik lagi ke depannya," tambah Reza.

Acara Panen Hadiah Simpedes yang digelar BRI Kolaka tersebut berlangsung meriah dan banjir hadiah. Turut dihadir Ketua DPRD Kolaka, Syaifullah Halik dan para pejabat Pemda Kolaka, serta ratusan nasabah Bank BRI Cabang Kolaka. Adalah Dra Jumrana nasabah BRI Unit Kolaka yang beruntung mendapatkan hadiah utama satu unit mobil Ertiga. Nama Dra Jumrana muncul setelah Ketua DPRD Kolaka Syaifullah Halik menekan tombol pengacakan nomor undian melalui sistem komputerisasi. (kal)

  • Bagikan

Exit mobile version