800 Mahasiswa USN Aktif Kuliah di Kampus Baru Buteng

  • Bagikan
Gedung Kampus B USN di Buton Tengah
KOLAKAPOSNEWS.COM, - Bangunan baru Kampus B Universitas Sembilanbelas November Kolaka (USN-Kolaka) di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara, mulai dimanfaatkan untuk kegiatan perkuliahan. Sedikitnya, 800 mahasiswa aktif kuliah di kampus yang terletak di Desa Wakambangura, Kecamatan Mawasangka, Buteng itu. Pembangunan gedung kampus B itu dibiayai melalui sokongan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan anggaran Rp 67 miliar, termasuk pengadaan meubeler. Gedung ini terdiri dari ruang perkuliahan berlantai 3, kantor, dan aula. "Kami sangat bersyukur dengan selesainya pembangunan gedung ini. Meski belum diresmikan, namun pemanfaatannya sudah berjalan," kata Koordinator Kampus B USN, Dr. Muis, S.Pi.,M.Si. Dosen Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan itu mengungkapkan, saat ini tercatat 8 program studi yang mulai melaksanakan perkuliahan di gedung baru itu. Yakni, Prodi S1 Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Peternakan, Perikanan, Kimia, Matematika, Ilmu Kelautan, dan Ilmu Komputer. "Kurang lebih 800 mahasiswa telah aktif dalam proses belajar mengajar, dengan jumlah dosen sebanyak 40 orang plus tenaga pendidikan," ujarnya.

Fokus pada Ilmu Kemaritiman dan Kelautan

[caption id="attachment_88834" align="alignleft" width="480"] Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari, S.STP., M.Si[/caption] Program studi di Kampus B USN Kolaka di Buton Tengah diarahkan pada bidang ilmu kemaritiman dan kelautan. Rektor USN Kolaka, Azhari mengatakan, kehadiran USN di Buteng sengaja diarahkan pada bidang ilmu kemaritiman dan kelautan. Pasalnya di daerah tersebut memiliki potensi hasil laut dan daya dukung yang sangat besar. "Laut kita terbentang luas dengan potensi sumber daya alam yang sangat besar," ujar Azhari. Menurutnya, potensi sumber daya alam yang sangat besar hanya akan dapat mampu dan sukses apabila diarsiteki oleh tenaga-tenaga yang punya keahlian di bidang itu. "Karenanya, jangan yang lain berkembang, kita malah tidur," tegasnya.

Ruang Kuliah Dilengkapi AC

  Kampus B USN di Buteng dinilai memiliki fasilitas ruang perkuliahan dan sarana pendukung yang sangat representatif. Selain kualitas bangunannya, fasilitas penunjangnya juga sangat mendukung seperti ruang kuliah ber-AC dan menggunakan infocus. "Selama ini untuk Kampus USN di Buteng, sebagian masyarakat belum mengetahui bahwa kampus tersebut adalah kampus negeri, disangkanya kampus swasta. Kami sangat memaklumi, dan Alhamdulillah seiring urgensi dan fungsionalnya maka keberadaan kampus USN ini akan menjawab tuntutan dan kebutuhan yang dihadapi saat ini maupun di masa mendatang," tandas Doktor Sumberdaya Pesisir dan Lautan itu. [caption id="attachment_88815" align="alignnone" width="1000"] Koordinator Kampus B USN, Dr. Muis, S.Pi.,M.Si.[/caption] Ketua Prodi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi USN, Ansar,S.Si.,M.Si mengatakan, kegiatan perkuliahan di kampus Buteng dilakukan secara offline atau tatap muka, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. "Giat kuliahnya di masa pandemi kami tetap menjalankan sesuai protokol kesehatan sampai saat ini, dan dukungan fasilitas sangat baik berupa ruang kuliah ber-AC, infocus, kursi meja mahasiswa maupun dosen serta tenaga kependidikan yang tersedia menjadi syarat kenyamanan dan pemenuhan kebutuhan kuliah di kampus ini," kata Ansar. (adv)
  • Bagikan

Exit mobile version