Pj Gubernur Sultra Rintis Kebijakan Pembangunan Berbasis Data Akurat

  • Bagikan
Pj. Gubernur Sultra, Komjen Pol (purn) Dr (HC) Andap Budhi Revianto, SIK., MH., saat baru tiba di Sulawesi Tenggara.


KOLAKAPOSNEWS.COM, KENDARI - Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Komjen Pol (purn) Dr (HC) Andap Budhi Revianto, SIK., MH., dikenal cukup disiplin, tegas, akurat, dan aktual dalam bekerja. Sekjen Kemenkumham RI itu bakal menerapkan nilai-nilai tersebut dalam memimpin Sulawesi Tenggara demi percepatan pembangunan daerah yang terukur dan sistemik.

Ada enam fokus kerja Andap Budhi Revianto dalam menjalankan tugasnya sebagai Pj. Gubernur Sultra. Pertama, upaya menghadirkan sistem pemerintahan berbasis data akurat dan aktual. "Data yang akurat dan aktual yang menggambarkan kondisi dan kebutuhan riil di lapangan sangat dibutuhkan sehingga pembangunan Provinsi Sultra ke depan berjalan lebih efektif, transparan, tepat sasaran, dan akuntabel," ujarnya.

Mantan Kapolda Sultra itu juga mengingatkan Forkompida untuk mengatensi dan implementasi secara nyata reformasi birokrasi. Salah satunya dengan membangun digitalisasi SPBE dan layanan publik.

Ketiga, terkait agenda nasional tahapan Pemilu 2023 dan Pemilu 2024, serta Pilkada Serentak 2024, Pj Gubernur Sultra menyampaikan komitmen untuk mengawal dan menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

Keempat, isu Sumber Daya Alam di Provinsi Sultra akan dilakukan pemetaan dan analisis potensi dan masalah secara mendalam dalam rangka peningkatan pengelolaan dan pemanfaatan SDA Sultra. Menurutnya, hal tersebut diperlukan bukan sekadar penting bagi peningkatan PAD Sultra. “Pertimbangan utama peningkatan pengelolaan dan pemanfaatan SDA adalah kesejahteraan dan kemajuan, serta keselamatan masyarakat, sebagaimana amanat konstitusi," katanya.

Kelima, terkait temuan pemeriksaan BPK, Pj Gubernur Sultra menyatakan Pemerintah Provinsi Sultra memiliki kewajiban menindaklanjuti, agar tidak ada temuan berulang, serta laporan keuangan Provinsi Sultra semakin akuntabel, tanpa cela.

Fokus kerja keenam yakni menuntaskan tugas-tugas yang tertuang dalam APBD Tahun Anggaran 2023 dengan sebaik-baiknya. Pj. Gubernur Sultra mengimbau seluruh ASN Pemprov Sultra bekerja secara optimal. (*)

  • Bagikan