Pj Gubernur Sultra Andap: Sinergisitas TNI – Rakyat dan Stakeholder Cegah Perpecahan

  • Bagikan
Pj. Gubernur Sultra Komjen Pol (purn) Dr (HC) Andap Budhi Revianto, SIK., MH., hadir dalam upacara HUT ke 78 TNI di Kendari, Kamis (5/10).

KOLAKAPOSNEWS.COM, KENDARI - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) berlangsung secara khidmat. Pj. Gubernur Sultra Komjen Pol (purn) Dr (HC) Andap Budhi Revianto, SIK., MH., hadir dalam upacara HUT ke 78 TNI di Kendari, Kamis (5/10).

"Kehadiran saya dalam upacara HUT ke 78 TNI untuk merajut sinergisitas. Selain itu, kehadiran saya pada peringatan HUT TNI sekaligus untuk menguatkan kerja sama antara Pemprov Sultra dan TNI dalam menghadapi Pemilu serentak tahun 2024," ungkap Andap Budhi Revianto.

"Diperlukan sinergisitas agar Pemilu serentak tahun depan dapat berjalan dengan sukses dan damai," ujarnya.

Kerja sama dengan TNI, rakyat, dan pemangku kebijakan lainnya sangatlah penting untuk mencegah adanya perpecahan di tengah masyarakat karena adanya perbedaan pilihan politik. "Pesta demokrasi tidak boleh menghilangkan persatuan dan toleransi di dalam masyarakat Sultra. Tanpa toleransi, demokrasi akan hancur," jelasnya.

Hal tersebut sejalan dgn tema peringatan HUT TNI pada tahun ini yakni "TNI Patriot NKRI : Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju".

Sejarah mencatat, HUT TNI diperingati tanggal 5 Oktober pada setiap tahunnya. Peringatan ini didasari pada momen pembentukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945, yang selanjutnya menjadi cikal bakal TNI. 

Nama Tentara Nasional Indonesia kemudian diresmikan pada 3 Juni 1947 oleh Presiden Soekarno, yang tujuannya untuk mempersatukan kekuatan bersenjata. 

Pada upacara peringatan HUT TNI di Kendari Sulawesi Tenggara, dihadiri oleh Danrem 143 Halu Oleo Brigjen TNI Ayub Akbar, Danlanal Kendari Kol (P) A.K Mulku Zahari S.E. M.Tr. Opsla, Danlanud Halu Oleo Kol Pnb Antonius Adi Nur W S.E. M. Han, Kapolda, Kajati serta Forkopimda Tingkat I Sulawesi Tenggara, Ketua DPRD Prov Sultra H Abdurrahman Shaleh SH, para Tokoh Masyarakat dan Tamu undangan lainnya. 

"Dirgahayu Ke -78 Tentara Nasional Indonesia, kami Bangga," ucap Andap. (*)

  • Bagikan