Menko PMK dan Kepala BNPB Hadiri Puncak Peringatan Bulan PRB di Sultra

  • Bagikan
Menko PMK Prof Muhadjir Effendy bersama Pj. Gubermur Sultra Andap Budhi Revianto dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat puncak peringatan bulan PRB di Kendari, Sultra, Jumat (13/10).

Pj Gubernur: Banyak Manfaat yang Diperoleh untuk Kelancaran Pembangunan Indonesia

KOLAKAPOSNEWS.COM, KENDARI - Sulawesi Tenggara menorehkan sebuah sejarah dalam upaya menyatukan gagasan, ide dan komitmen pengurangan resiko bencana guna mewujudkan pembangunan nasional melalui peringatan International Day of Disaster Reduction tahun 2023. Sultra sukses menjadi tuan rumah peringatan yang dikenal dengan nama Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Nasional.

Pada puncak peringan bulan PRB, 13 Oktober 2023 di Kendari, hadir Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Prof Muhadjir Effendy, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Pj Gubernur Aceh, Acmad Marzuki dan pejabat tinggi lainnya. Sekira 1.230 peserta yang turut memeriahkan peringatan PRB Nasional 2023 di Kendari.

"Saya atas nama masyarakat Sulawesi Tenggara mengucapkan terima kasih atas kepercayaan menjadi tuan rumah peringatan Day of Disaster Reduction tahun 2023 ini. Terima kasih atas kehadiran Menko PMK Prof Muhadjir Effendy, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dan Pj. Gubernur Aceh. Di tengah kesibukan, masih menyempatkan diri hadir di Kendari, Sulawesi Tenggara," ungkap Komjen Pol Andap Budhi Revianto, SIK., MH., Pj. Gubernur Sultra.

"Jika dalam penyambutan dan pelaksanaan bulan PRB di Sultra ada kekurangan, saya menyampaikan permohonan maaf. Tidak ada unsur kesengajaan atas kekurangan tersebut. Para peserta, selamat kembali ke daerah masing-masing dan salam buat keluarga," ucap Andap pada malam puncak peringatan PRB, Jumat (13/10).

Pj Gubernur Sultra itu menambahkan, banyak nilai manfaat yang diperoleh dari peringatan bulan PRB tersebut. "Disini kita menyatukan kesadaran dan komitmen untuk pengurangan resiko bencana demi kelancaran pembangunan nasional," ujarnya.

Menko PMK Muhadjir Effendy memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan PRB oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara bersama BNPB Pusat. Dampak el nino yang melanda Indonesia harus menjadi perhatian bersama. Perubahan iklim, permukaan laut di belaham dunia menjadi teduh dan berdampak pada kemarau panjang.

" Melalui kegiatan bulan PRB ini hendaknya para pimpinan daerah di seluruh Indonesia untuk selalu siap siaga dalam mengantisipasi terjadinya fenomena alam yang selalu berubah," imbaunya.

Pada momentum itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menganugerahkan piagam penghargaan kepada Pj. Gubernur Sultra yang dianggap telah sukses menjado tuan rumah penyelenggaraan Peringatan Bulan PRB tahun 2023. Dari Sultra menggagas upaga mereduksi resiko bencana untuk Indonesia maju. (KoP).

  • Bagikan