Andap Budhi Revianto Diberi Gelar Bangsawan Kesultanan Buton: “Mia Ogena Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara”

  • Bagikan
Pj. Gubernur Sultra, Komjen Pol (purn) Dr (HC) Andap Budhi Revianto, SIK., MH., dilantik menjadi Mia Ogena Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara, Selasa (17/10).

KOLAKAPOSNEWS.COM, BAUBAU - Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Komjen Pol (purn) Dr (HC) Andap Budhi Revianto, SIK., MH., mendapatkan gelar bangsawan dari Kesultanan Buton. Sekjen Kemenkumham RI itu diangkat menjadi "Mia Ogena Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara". Pengukuhan "Mia Ogena Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara" berlangsung di Aula Palagimata Kantor Walikota Baubau, Selasa (17/10).

Pada prosesi acara penganugerahan, Kapitalao Matanaeo atau Panglima Bagian Timur Lembaga Adat Kesultanan Buton, La Ode Muhamad Arsal, S.Sos., M.Si., menjelaskan makna gelar tersebut. Mia Ogena berarti seorang pemimpin yang profesional, pandangan jauh kedepan (visioner), karismatik, pengayom, jujur, amanah, fathanah, tabligh, beriman, dan bertakwa kepada Allah SWT.

Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara sendiri bermakna batasan wilayah atau ruang lingkup kerja yang menjadi tanggung jawab dalam mengelola dan memanfaatkan seluruh potensi sumber daya untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Sulawesi Tenggara.

Andap Budhi Revianto sangat mengapresiasi atas penghargaan tersebut. "Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Yang Mulia Sultan Buton ke - 40, dr. H. La Ode Muhamad Izat Manarfa M.Sc., para Sesepuh Perangkat Lembaga Adat Kesultanan Buton dan Masyarakat Buton atas penganugerahan gelar ini," ungkap Andap Budhi Revianto.

"Adalah sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi saya dapat menjadi bagian dari kerabat dan sesepuh dalam daerah eks Kesultanan Buton. Sekaligus ini juga sebagai amanah bagi saya untuk dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik lagi di negeri Khalifatul Khamis, Sultra, Bumi Anoa yang kita cintai bersama," katanya.

Hadir dalam acara penganugerahan gelar kesultanan ini para Sesepuh Perangkat Kesultanan Buton, Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Pj. Bupati Busel La Ode Budiman, S.K.M., M.MKes, Pj. Bupati Buteng Andi Muhammad Yusuf, Pj. Bupati Buton Drs. La Ode Mustari, M.Si dan Pj. Walikota Baubau Dr. Muh Rasman Manafi, SP. MS.i. Turut hadir jajaran Perangkat Daerah Pemprov Sulawesi Tenggara, serta Forkopimda Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Selatan dan Kabupaten Buton Tengah. (KPN)

  • Bagikan