Jaga Komitmen, Tetaplah Konsisten

  • Bagikan

Oleh:
Komjen Pol (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto, SIK., MH.

Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara

Komitmen menempati skor tertinggi dalam meraih sebuah kepercayaan. Dalam interaksi sosial, dunia kerja, dunia usaha, dan segala aspek kehidupan, komitmen selalu menjadi jembatan utama dalam menggapai kesuksesan. Tak sedikit kegagalan yang terjadi disebabkan karena sebuah komitmen yang tidak terjaga.

Ditinjau dari aspek istilah, "komitmen" berasal dari bahasa latin yakni "commiter". Artinya: menyatukan, mengerjakan, menggabungkan, mempercayai. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komitmen artinya perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu; tanggung jawab. Komitmen merupakan suatu sikap setia serta tanggung jawab seseorang kepada orang lain, diri sendiri, organisasi, dan hal tertentu lainnya.

Selain itu, dibutuhkan konsistensi. Sikap tidak berubah-ubah, taat asas, selaras dan sesuai komitmen. Konsistensi meneguhkan pendirian. Mendorong spirit dalam mencapai tujuan.

Komitmen diri dan konsistensi menjadi hal esensial yang mengisi semua celah dalam upaya untuk kita menjadi berhasil. Termasuk menjaga kesehatan. Kedua hal itu (KOMITMEN dan KONSISTENSI) dapat melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh kepiawaian dan keberuntungan.

Memiliki komitmen diri dan selalu konsisten merupakan cara di antara sekian kunci kesuksesan dalam kehidupan pada bidang apa pun.

Seorang aktor hebat asal Amerika Serikat bernama Denzel Hayel Washington Jr berkata:
"Without commitment, you never start and without consistency, you'll never finish. Tanpa komitmen, Anda tidak akan pernah memulai dan tanpa konsistensi, Anda tidak akan pernah selesai."

Jadi, jangan biarkan diri ini teralihkan oleh tujuan sesaat (jangka pendek) yang membuat diri tidak maju menuju tujuan akhir (jangka panjang). Teruslah lakukan hal-hal yang benar dan konsisten sampai dengan kita mendapatkan hasil yang diinginkan untuk membangun negeri.

Kesuksesan tidak selalu berbicara tentang kehebatan. Ini tentang komitmen diri dan juga konsistensi. Kerja keras yang konsisten Insyaa Allah akan membuahkan kesuksesan. Keberhasilan juga, Insyaa Allah, akan Anda dapatkan.

Tetap optimis dan tetaplah semangat. Hu Ha. (@br)

  • Bagikan