Sepak Bola: Tangguh, Cerdas, Cepat, dan Disiplin

  • Bagikan

Oleh:
Komjen Pol (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto, SIK., MH.
Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara

SEPAK BOLA menjadi olahraga paling populer di seluruh dunia. Semua kalangan menggemari olah raga ini. Tua dan muda menggandrunginya. Ada yang aktif
menjadi pemain, ada pula yang senang meski sekadar menjadi penonton. Pertandingan sepakbola memainkan peran sangat luar
biasa. Mengguncang emosi. Tak hanya bagi para pemain sepakbola, namun adrenalin penonton pun berpacu sepanjang drama
pertandingan berlangsung. Nilai proximity akan menjadi ukuran bagi penonton memberikan supportnya terhadap salah satu tim yang berlaga. Sepak bola menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sepak bola lebih dari sekedar olahraga, permainan, bisnis, maupun prestasi. Sepak bola dapat mengajarkan banyak hal. Ada nilai-nilai yang terkandung dalam sepak bola yang bisa kita petik. Kita bisa memetik nilai-nilai positif yang terkandung dalam olahraga sepakbola.

Sepak bola mengajarkan kita untuk bekerja sama secara tim. Kunci kesuksesan hidup sehari-hari tak lepas dari kekompakan tim kerja. Sepak bola melatih agar tidak menjadi orang egois. Sepak bola juga mengajarkan kedisiplinan. Dalam meraih kemenangan, dunia sepakbola selalu fleksibel memainkan taktik dan strategi yang jitu. Sikap feksilibitas dalam menerapkan strategi dan taktik dalam kehidupan sangat dibutuhkan agar bisa tetap eksis di era sekarang.

Selain itu, sepak bola juga mengajarkan kita nilai-nilai sportivitas, fairplay, keuletan dan kerja keras. Memupuk sifat dan sikap
kepemimpinan. Nilai-nilai filosofi dalam olahraga sepak bola tersebut bisa menjadi kunci kesuksesan dalam menghadapi kehidupan sehari-hari. Tak heran jika pertandingan sepakbola bisa mengaduk-aduk perasaan kita.

Layaknya dunia, bola itu juga bulat. Tentu dinamis tergantung tempo permainan yang dimainkan selama 90 menit waktu pertandingan.

Akan banyak yang berkomentar. Ada yang menyanjung, ada pula yang menyalahkan. Ada juga yang berteriak-teriak dengan segenap teori meski tanpa pengalaman.

Hal yang nyata, para pemain harus berjuang untuk mencapai impiannya. Sebelum bertanding mereka berlatih dengan segenap hati. Pemain juga harus bekerja keras, bekerja sama dan berkorban untuk semua itu.

"Sepak bola itu sederhana, tetapi bermain yang sederhana itu sulit." - Johan Cruyff.

"Di balik setiap tendangan bola harus ada pemikiran." - Dennis Bergkamp

"Apa pun yang menjatuhkanmu pada akhirnya akan membuatmu lebih kuat." - Alex Morgan

Selamat kepada Timnas Indonesia. Selamat atas kemenangan 1-0 atas Vietnam di laga Piala Asia Grup D, pada pertandingan yang berlangsung tanggal 19 Januari 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. Terima kasih kepada sang pencetak gol kemenangan Asnawi Mangkualam. Kami semua bangga. (@br)

  • Bagikan