Cerdas Akan Mengalahkan Emosi

  • Bagikan

Oleh:
Komjen Pol (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto, SIK., MH.
Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara

"Jika terbiasa menghadapi badai, kenapa harus terpuruk hanya karena gerimis. Dalam situasi apapun, jangan biarkan emosimu mengalahkan kecerdasanmu"
Buya Hamka

Terkadang kita terlena dan terbawa arus kecil yang bisa memancing amarah berkecamuk. Padahal, dalam banyak situasi perjalanan hidup ini, tantangan besar sekelas "badai" dapat kita hadapi. Apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi?

Ketika akan menghadapi "cuaca buruk dan badai ekstrem" segala persiapan telah dimatangkan. Bahkan, potensi resiko terburuk pun sudah diantisipasi strategi penanganannya. Namun, sering kali kita abai dengan hal-hal yang kecil dan tak pernah menganggapnya sebagai sebuah tantangan. Kondisi tersebut akan membuat sebagian orang bisa terpuruk dalam "gerimis" meski demikian tangguh ketika melewati "badai besar".

Oleh karena itu, menanamkan budaya disiplin dalam diri dan konsisten dalam implementasinya akan menutup celah dalam mengabaikan persoalan sekecil apapun. Sehingga, sandung kecil tak akan sanggup membuat jiwa kita goyah. Itulah kecerdasan mengelola emosi. Kecerdasan emosional sangat penting menjadi wadah dalam menggapai kesuksesan.

Perasaan bahagia bisa diciptakan sendiri dari pikiran dan hati ini. Tumbuhkan pikiran positif dan tetaplah tenang ketika menghadapi berbagai tantangan tugas.

Cobalah berhenti sejenak ketika merasa penat. Ini salah satu langkah bijak yang bisa kita tempuh dan jalani agar tetap fresh dalam memgambil keputusan.

Emosi yang terkadang datang justru akan mengacaukan situasi yang ada, ini penting bagi kita untuk mengelola perasaan agar tidak mudah terpancing. Dekatkan diri dengan hal yang menyenangkan dan bisa memberikan suasana untuk menenangkan diri.

Dengan begitu kita bisa berpikir lebih jernih dalam memutuskan langkah dan tindakan selanjutnya.

Bersabar saat menghadapi tantangan serta bersyukur untuk semua kekurangan dan kelebihan yang dimiliki adalah cara terbaik untuk menjadi semakin baik dan lebih baik serta bijaksana.

Selamat Berpuasa. Semoga Allah SWT memberkahi kita semua dengan keberkahan dan kebaikan di bulan yang mulia dan penuh magfirah ini. (@br)

  • Bagikan