Pancasila, Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas

  • Bagikan

KOLAKAPOSNEWS.COM, KENDARI - Pancasila, ideologi yang mampu menyatukan bangsa yang besar. Sabang sampai Merauke.  Beragam suku, bahasa, dan karakteristik daerah yang berbeda-beda bersatu dalam kebinnekaan yang tunggal.

Sejarah mencatat bahwa pada sidang BPUPK 1 Juni 1945, Ir. Soekarno dalam pidatonya menyampaikan gagasan mengenai konsep awal Dasar Negara Indonesia yang dinamai “Pancasila”

Dalam dinamikanya, Keppres No 24/2016 menetapkan “1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila”

"Saat ini dan kedepannya, mari bersama - sama kita bergoyong royong, bekerja sama dan berkolaborasi utk menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa sebagai implementasi pengamalan nilai - nilai Pancasila," ungkap Andap Budhi Revianto, Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara.

Sekjen Kemenkumham RI itu mengharapkan, melalui peringatan Hari lahir Pancasila 1 Juni, diharapkan dapat memacu semangat dan optimisme semua generasi bangsa untuk terus mengamalkan nilai - nilai Pancasila untuk mewujudkan Indonesia yang semakin maju, adil, makmur, sejahtera dan modern.

"Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua demi kejayaan Indonesia," katanya.

"Selamat memperingati

HARI LAHIR PANCASILA 1 JUNI 2024. Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Salam Pancasila!," ujar Amdap. (@br)

  • Bagikan