Hidup Adalah Perjalanan

  • Bagikan

Oleh:
Komjen Pol (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto, SIK., MH.
Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara

Hidup adalah sebuah perjalanan. Kehidupan ini bukan sebuah akhir. Namun, jembatan menuju tujuan akhir. Perjalanan hidup akan memberikan berbagai pelajaran dan pembelajaran dalam upaya pencapaian tujuan.

Manusia akan membentuk karakteristik dirinya dalam dinamika perjalanan hidup yang dilalui. Untuk menemukan jati diri kita, maka berdiam di tempat bukan solusi. Kita harus menapaki beragam tantangan dalam perjalanan agar bisa mengetahui solusi yang terbaik dari sebuah persoalan.

Bahkan Tuhan pun menganjurkan kita untuk menjelajahi alam ciptaan-Nya. Supaya kita bisa sadar akan kebesaran Sang Pencipta. Seperti yang diuraikan dalam QS 67:15 "Allah SWT yang menjadikan bumi untuk kamu mudah menjelajahinya, maka jelajahilah segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya lah kamu akan kembali setelah dibangkitkan".

Untuk menyelesaikan perjalanan hidup ini dengan menakjubkan dan sukses, sangat penting bagi kita untuk selalu optimis dan tetap bersemangat.

Mengubah setiap bayangan gelap menjadi terang dengan sebuah keyakinan diri. Menemukan solusi dalam setiap dinamika tantangan yang ada.

Rangkullah setiap perjalanan hidup dengan senantiasa penuh rasa syukur sehingga akan mencapai tujuan akhirnya dengan baik. Insya Allah. Tetap semangat Hu Ha. (@br)

  • Bagikan