Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pj. Gubernur Sultra: Mari Selesaikan Masalah Iklim dan Pemulihan Lahan dengan Inovasi

  • Bagikan

KOLAKAPOSNEWS.COM, KENDARI - World Environment Day. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Diperingati setiap tanhhal 5 Juni. Momentum untuk menyedot perhatian seluruh elemen agar dapat menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan. Dalam konteks sekecil apapun, baik di lingkungan keluarga hingga pada level dunia.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLH) ditetapkan oleh PBB pada Konferensi Stockholm di Jerman tangal 5 Juni 1972. HLH Sedunia tahun 2024 secara global mengangkat tema "Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience" 

Sedangkan di Indonesia mengangkat tema "Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan"

"Semoga melalui peringatan tahun ini ini menjadi pengingat bagi kita semua seluruh Pemangku Kepentingan agar peduli terhadap isu-isu lingkungan sekaligus juga dapat mendorong masyarakat untuk mengambil aksi nyata menjaga kelestarian lingkungan," ungkap Andap Budhi Revianto, Pj Gubernur Sultra.

"Mari selesaikan masalah iklim melalui sebuah inovasi, dan juga upaya pemulihan lahan dengan melibatkan teknologi dan inovasi. Kedepankan prinsip keadilan dan inklusivitas dalam menghadapi isu - isu lingkungan," tambahnya.

Pada akhirnya, kata dia, solusi permasalahan iklim harus bisa dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan masyarakat. Termasuk pelibatan komunitas lokal dalam proses pengambilan keputusan untuk mengelola dan mengakses sumber daya alam.

"Selamat Memperingati HLH Sedunia tahun 2024," ujarnya. (KPN)

  • Bagikan