Pemprov Sultra Terima Anugerah Merdeka Belajar 2024 dari Mendikbudristek

  • Bagikan

KOLAKAPOSNEWS.COM, JAKARTA-Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemenristekdikti) menggelar "Anugerah Merdeka Belajar" sejak tahun 2019. Kemendikbudristek mendorong pemerintah daerah dalam memberikan perhatian optimal dalam memajukan pendidikan sesuai dengan amanah undang-undang. Dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra meraih "Anugerah Merdeka Belajar" pertama kalinya memasuki tahun kelima penilaian Merdeka Belajar.

Penyerahan award Anugerah Merdeka Belajar 2024 diterima langsung oleh Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto pada puncak Anugerah Merdeka Belajar di Plenary Hall JCC, Jakarta, Jumat malam (5/7). Pemprov Sultra mendapatkan award untuk kategori "Transformasi Anggaran Pendidikan". Mendikbudristek Nadiem Makarim menyampaikan ucapan selamat kepada Kepala Daerah yang telah mewujudkan transformasi Sistem Merdeka Belajar.

"Alhamdulillah Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menerima "Anugerah Merdeka Belajar 2024 dari Mendikbudristek" dalam kategori "Transformasi Anggaran Pendidikan". Indikator utama penilaian kontestasi ini adalah pemenuhan alokasi dukungan anggaran dalam APBD murni dan juga alokasi pemenuhan Surat Pelayanan Minimal (SPM) dibidang Pendidikan," ungkap Andap Budhi Revianto.

Sekjen Kemenkumham RI itu menambahkan, keberhasilan Pemprov Sultra mengelola anggaran pendidikan sejalan dengan prestasi yang ditorehkan dalam hasil Survei Penilaian Integritas oleh KPK beberapa saat lalu, dimana Sultra dapat meraih nilai tertinggi kedua nasional.

Andap menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Sultra beserta seluruh jajaran serta para pihak terkait atas berbagai langkah dan juga upaya dalam peningkatan kualitas pendidikan di Sultra. "Mari kita terus berikan pengabdian yang terbaik dan tanpa henti bagi anak-anak kita di dunia pendidikan ini," ucapnya.

"Bagi Kabupaten/Kota lain di Sultra yang belum, ayo tunjukkan prestasimu dalam bidang pendidikan dan/atau bidang lainnya! Mari bersama kita majukan Bumi Anoa, Sulawesi Tenggara tercinta. Tetap semangat, tetaplah optimis hu ha," tambahnya. (aka)

  • Bagikan