Pandangan Fraksi Terhadap RPJPD Kolaka 2025-2045; Fraksi Nasdem: Prioritaskan Penguatan Konektivitas Infrastruktur Daerah

  • Bagikan

KOLAKAPOSNEWS.COM, KOLAKA-Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Kolaka periode 2025-2045 harus benar-benar menjadi pondasi yang kuat dalam membawa Bumi Mekongga lebih maju di masa mendatang. Tak heran jika anggota parlemen di DPRD Kolaka benar-benar menguras energi untuk mengevaluasi beragam master plan pembangunan 20 tahunan tersebut. Masa depan Bumi Mekongga akan sangat ditentukan dari perencanaan jangka panjang itu.

Pandangan fraksi terhadap RPJPD Kolaka 2025-2045 salah satunya dari  Fraksi Partai Nasioanal Demokrat (NasDem) DPRD Kabupaten Kolaka. Fraksi Nasdem meminta penyusunan RPJPD 2025-2045 memprioritaskan penguatan konektivitas infrastruktur daerah. 

Pembangunan infrastruktur jalan harus menjadi skala prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Kolaka. Targetnya, agar tidak terjadi ketimpangan antar wilayah yang dapat membawa implikasi terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Fraksi NasDem berharap RPJPD Kabupaten Kolaka tahun 2025-2045 dapat menjadi solusi dalam permasalahan sumber daya manusia (SDM) dan sosial. Pasalnya, menurut Ketua Fraksi NasDem H. Zainuddin Boni, permasalahan-permasalahan pembangunan SDM dan sosial yang dihadapi Kabupaten Kolaka terkait dengan peningkatan SDM yang memiliki daya saing, perlindungan sosial yang adaptif, serta mewujudkan masyarakat yang harmoni dan inklusif.

Fraksi NasDem juga menyarankan kepada Pemerintah Daerah untuk terus mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam proses perencanaan dan pengawasan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). "Partisipasi masyarakat sangat penting untuk memastikan bahwa program dan kegiatan yang dilaksanakan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat," kata H. Zainuddin Boni menyampaikan pandangan umum Fraksi NasDem dalam Rapat Paripurna Penyerahan Akhir RPJPD tahun 2025-2045 di Gedung DPRD Kolaka, Kamis (4/7).

"Fraksi NasDem menyambut baik dan memberikan apresiasi bahwa penyusunan RPJPD tahun 2025-2045 telah dilaksanakan secara transparan, akuntabel, demokratif, partisipatif, terukur, dan melibatkan masyarakat serta seluruh stakeholder dalam pengambilan keputusan di semua tahapan perencanaan dengan memperhatikan sinergitas terhadap RPJPD dan RPJM Nasional sesuai dengan Peraturan Pemerintah dan Undang-Undang," tambah H. Zainuddin Boni.

Menanggapi pandangan Fraksi NasDem, Pj Bupati Kolaka H. Andi Makkawaru mengatakan bahwa harapan agar dalam RPJPD 2025-2045 memprioritaskan penguatan konektivitas infrastruktur daerah, Pemerintah Daerah sangat mendukung penuh saran tersebut. Dalam RPJPD 2025-2045, pengembangan infrastruktur telah direncanakan secara komprehensif untuk mendukung konektivitas antar wilayah untuk memperlancar distribusi barang dan jasa, sebagai penopang laju pertumbuhan ekonomi daerah.

Kemudian terkait dengan harapan RPJPD 2025-2045 dapat menjadi solusi dalam permasalahan SDM dan sosial, Pj Bupati Kolaka menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah sangat berkomitmen dalam peningkatan SDM. Hal ini tercermin pada dokumen RPJPD pada misi 2, yakni "meningkatkan SDM yang berdaya saing dan sejahtera. "Misi ini memiliki agenda untuk meningkatkan akses dan mutu layanan pendidikan yang lebih baik," kata H. Andi Makkawaru.

Pj Bupati Kolaka juga menjawab harapan Fraksi NasDem agar Pemerintah Daerah mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam proses perencanaan dan pengawasan pelaksanaan APBD. H. Andi Makkawaru menegaskan bahwa Pemerintah Daerah senantiasa memberi ruang yang seluas-luasnya bagi kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya terkait masalah dan harapan melalui forum Musrenbang dan forum lainnya.

"Kami menyampaikan terima kasih atas apresiasi Fraksi NasDem terhadap penyusunan Raperda RPJPD tahun 2025-2045 ini telah dilaksanakan secara transparan, akuntabel, demokratif, partisipatif, terukur, dan melibatkan komponen masyarakat serta seluruh stakeholder lainnya," ucap H. Andi Makkawaru.

Rapat Paripurna Penyerahan Akhir RPJPD tahun 2025-2045 dipimpin oleh Ketua DPRD Kolaka Syaifullah Halik didampingi Wakil Ketua DPRD I Ketut Arjana, dan dihadiri para anggota DPRD, jajaran Forkopimda, Asisten Setda Kolaka, dan para Kepala OPD. Selain Fraksi NasDem, 6 fraksi lainnya di DPRD Kolaka juga menyampaikan padangan umumnya masing-masing. 

Fraksi Nasdem Bangun Kolaka

- Prioritaskan penguatan konektivitas infrastruktur daerah

- Tuntaskan permasalahan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sosial

   * SDM Berdaya Saing

   * Perlindungan sosial adaktif

   * Wujudkan masyarakat harmoni dan inklusif

- Dorong partisipasi masyarakat dalam perencanaan dan pengawasan implementasi APBD Kolaka

Apresiasi Pelaksanaan RPJPD 2025-2045

-Transparan

- Akuntabel

- Demokratif

- Partisipatif

- Terukur

- Melibatkan masyarakat dan seluruh stakeholder

(kal)

  • Bagikan