Gebyar HUT Kemerdekaan RI ke-79, Pemprov Sultra Gelar Lomba ASN Hingga Kukuhkan Paskibraka

  • Bagikan

KOLAKAPOSNEWS.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. 

Berbagai kegiatan digelar turut menyemarakkan peringatannya, dengan tujuan memperkuat rasa kebangsaan dan persatuan di tengah masyarakat. Sebut saja pada Kamis (08/08/24) dilaksanakan Pekan Olahraga dan seni (Porseni) antar ASN yang diikuti oleh segenap Pegawai.

Tidak sampai disitu, ada juga lomba futsal yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemprov Sultra tanggal 14 hingga esok tanggal 16 Agustus 2024. 

Futsal antar pelajar ini diikuti sekitar 500 pelajar terbagi 48 tim dari SMA/SMK se jazirah Sultra, dimana 19 tim berasal dari SMA/SMK di Kota Kendari, 29 tim lainnya berasal dari kabupaten kota lainnya di Sulawesi Tenggara. 

Selain itu, Pemprov Sultra juga menggelar bakti sosial dengan sunatan massal yang dilaksanakan di RS Jantung, Pembuluh Darah dan Otak Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Sunatan massal ini diikuti oleh 438 anak dari berbagai wilayah di Sultra. Bakti sosial ini diharapkan dapat meringankan, sekaligus wujud nyata dari kepedulian Pemprov Sulawesi Tenggara terhadap masyarakat.

Lebih lanjut, hari ini Kamis (15/08/24), bertempat di Kantor Gubernur Sultra, Penjabat (Pj.) Gubernur Andap Budhi Revianto memimpin langsung Apel Besar dalam memperingati Hari Pramuka ke-63 sekaligus juga pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sultra. 

Peringatan Hari Pramuka ke-63 ini mengusung tema "Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI," 

Pj Gubernur menekankan pentingnya kepemimpinan yang peka, bijaksana, dan penuh tanggung jawab bagi setiap anggota yang tergabung dalam Gerakan Pramuka.

Dalam sambutannya, yang membacakan pesan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso, Pj Gubernur menyampaikan apresiasi terhadap dukungan Presiden Joko Widodo bagi Gerakan Pramuka serta mengingatkan pentingnya peran Pramuka dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi dan budaya global saat ini. 

Gerakan Pramuka, menurut Pj Gubernur, adalah sarana yang tepat dalam membentuk karakter generasi muda yang tangguh, berjiwa Pancasila, dan mampu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada apel tersebut, Pj Gubernur juga memberikan penghargaan kepada 5 (lima) tokoh yang telah berjasa dalam pengembangan dan kemajuan Gerakan Pramuka di Sulawesi Tenggara. 

"Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kontribusi rekan-rekan dalam membina generasi muda yang berjiwa Pancasila dan siap menjaga keutuhan NKRI," ujarnya.

Setelah Apel Besar Pramuka, Pj Gubernur melanjutkan kegiatan dengan pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sultra yang akan bertugas pada upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 mendatang. 

Acara pengukuhan ini dimulai dengan pengucapan ikrar oleh seluruh anggota Paskibraka dan dilanjutkan dengan penyematan lencana oleh Pj Gubernur. 

Dalam kesempatannya, Pj Gubernur menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya atas dedikasi dan semangat para anggota Paskibraka yang telah melalui proses seleksi yang ketat dan juga pelatihan yang dilaksanakan dengan penuh semangat. 

“Jalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab serta jadilah teladan bagi masyarakat, mengingat tugas besar yang adik-adik akan emban dalam upacara kemerdekaan mendatang,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur memberikan tanggapan mengenai rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 yang dilaksanakan oleh Pemprov Sultra. 

"Peringatan HUT RI ke-79 kita rayakan secara sederhana, tetapi tidak mengurangi makna. Berbagai olahraga permainan yang dipertandingkan, semata untuk merekatkan kembali rasa persatuan dan kesatuan, disamping rasa nasionalisme di kalangan generasi muda. Besok juga akan diselenggarakan Rapat Paripurna DPRD dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan, malam Renungan Suci di TMP, upacara peringatan detik-detik proklamasi, dan malam resepsi kenegaraan," ungkapnya.

Dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79, Pj Gubernur selaku wakil pemerintah pusat di daerah juga akan memberikan remisi secara simbolis pada tanggal 17 Agustus 2024 kepada 2.242 narapidana dan anak binaan. Hal ini sebagai bentuk apresiasi terhadap perilaku baik warga binaan selama menjalani masa hukuman.

Pj Gubernur Andap Budhi Revianto berharap bahwa momentum HUT Kemerdekaan RI ke-79 ini dapat memperkuat rasa kebangsaan, persatuan, dan gotong royong di kalangan masyarakat Sulawesi Tenggara, serta menjadi pijakan dalam mewujudkan cita-cita Indonesia yang semakin baik di masa depan. (KPN)

  • Bagikan