Revolusi Insan Pengayoman

  • Bagikan

Oleh:

Komjen Pol (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto, SIK., MH .

Sekjen Kemenkumham RI

Hari Pengayoman. Kali pertama digunakan dalam peringatan Hari Lahir Kementerian Hukum dan HAM RI tahun ini. Sebelumnya sering dikenal dengan istilah Hari Dharma Karya Dhika (HKDK). Saban tahun diperingati pada tanggal 19 Agustus.

Setelah menelaah dengan serius melalui fakta-fakta sejarah dan kajian dokumen Arsip Nasional RI (ANRI), Hari Pengayoman lebih paripurna sebagai Hari Lahir Kemenkumham RI. Keputusannya pun telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-02.UM.04.01 Tahun 2024. Pengayoman selaras dengan lambang Kemenkumham yakni Pohon Beringin.

Sejarah mencatat bahwa, lahirnya Kementerian Hukum dan Ham RI (pada awalnya Departemen Kehakiman) sejalan dengan proses pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Hasil Sidang Kedua Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 19 Agustus 1945.

19 Agustus 2024, Pengayoman menapaki usia 79 tahun. Pada hari jadinya, Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia mengangkat tema: 79 tahun Kementerian Hukum dan HAM Mengabdi Untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045.

Sebuah tema yang diharapkan bisa membawa revolusi bagi seluruh insan PENGAYOMAN dalam mendedikasikan pengabdian pada negeri melalui gagasan-gagasan kreatif, sikap Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif. Berperan aktif dalam menggapai visi Indonesia Emas 2045 serta mewujudkan Negara Indonesia yang berdaulat, maju, adil dan makmur. Sebuah langkah perubahan besar dalam mewujudkan cita-cira para pendiri bangsa sesuai mukaddimah Undang-Undang Dasar 1945. Revolusi insan Pengayoman harus diimplementasikan pada perbaikan dan pengembangan karakter dan peningkatan kinerja sesuai slogan Kemenkumham: PASTI. Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif

Selamat Memperingati Hari Pengayoman ke-79 Tahun 2024.

Semoga Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia beserta seluruh jajaran senantiasa diberikan nikmat kesehatan yang prima, kemudahan, kelancaran, keberkahan, dan perlindungan dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa di dalam melaksanakan amanah tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Salam Pembaharuan. Kami PASTI: Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif. Tetap semangat. Hu Ha. (@br)

  • Bagikan