Peringati HUT ke 79 TNI Angkatan Laut, Pj Gubernur Sultra: Di Laut Kita Berjaya

  • Bagikan

KOLAKAPOSNEWS.COM, KENDARI - Indonesia merupakan daerah maritim. Negara kepulauan terbesar di dunia. Luas perairan Indonesia mencapai lebuh dari 5,8 juta kilometer persegi. Teritorial laut yang begitu luas menjadi wilayah yang harus diamankan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL). Titik yang sangat krusial dijaga dari rongrongan negara-negara lain.

Hari ini, 10 September 2024 diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 TNI AL. Peringatan ini berdasar pada tanggal berdirinya Badan Keamanan Rakyat Laut (BKR Laut) yakni pada 10 September 1945, yang dicetuskan oleh  para tokoh bahariawan yang pada masa penjajahan Belanda dipekerjakan di Koninklijke Marine, dan pada masa penjajahan Jepang di Kaigun.

Pj. Gubernur Sulqwesi Tenggara, Andap Budhi Revianto mengungkapkan, momen sejarah tersebut menjadi tonggak penting bagi eksistensi Angkatan Laut di Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Tahun ini, peringatan HUT ke 79 TNI AL mengangkat tema: Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju. "Jalesveva Jayamahe TNI AL. Di laut kita berjaya," ujar Andap Budhi Revianto.

"Dirgahayu TNI AL ke-79 tahun 2024. Terima kasih atas semangat dan pengabdiannya dalam menjaga perairan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucapnya. (KPN)

  • Bagikan