Pj Gubernur Sultra Lantik Yusmin Sebagai Pj Bupati Kolaka Utara

  • Bagikan

KOLAKAPOSNEWS.COM, KENDARI– Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto, melantik H. Yusmin, sebagai Penjabat Bupati Kolaka Utara. Pelantikan ini berlangsung di Ruang Pola Kantor Gubernur Sultra, Kamis (12/09/24).

H. Yusmin, sebelumnya menjabat sebagai Kadis Dikbud Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, resmi diangkat selaku Penjabat Bupati Kolaka Utara berdasarkan Keputusan Mendagri Nomor 100.2.1.3-3657 Tahun 2024.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto menegaskan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan pusat dalam mewujudkan program-program strategis nasional. 

"Pelantikan ini adalah bagian dari upaya kita untuk terus mengawal pelaksanaan kebijakan nasional di seluruh daerah, termasuk di Kolaka Utara," ujarnya.

Andap berharap agar Penjabat Bupati yang baru dilantik dapat bekerja dengan kesungguhan, keikhlasan, didasari semangat pengabdian yang tinggi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kolaka Utara. 

"Jabatan ini adalah amanah dari Allah SWT dan kepercayaan Pimpinan. Jaga amanah ini dengan disiplin, kerja keras, dan komitmen moral yang tinggi. Harus ada prestasi dan legacy yang ditinggalkan untuk kemaslahatan umat," tegasnya.

Lebih lanjut, Pj Gubernur menekankan pentingnya menindaklanjuti kebijakan nasional dan juga atensi nasional yang menjadi prioritas utama.

“Jaga stabilitas harga pangan dan jasa, percepat pengentasan kemiskinan, lakukan penanganan stunting dengan tepat sasaran, dan dukung penuh pelaksanaan proyek strategis nasional. Selain itu, pastikan percepatan realisasi target pendapatan dan belanja APBD serta memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024,” imbuh Andap.

Menghadapi Pilkada serentak yang akan berlangsung 2 bulan 15 hari lagi, Andap menginstruksikan agar seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara bergerak cepat dan memastikan segala sesuatunya nanti dapat berjalan dengan lancar. 

"Pastikan penyelenggaraan Pilkada di Kolaka Utara dapat berjalan dengan aman, damai, dan kondusif. Jaga netralitas serta fokus pada amanah tugas yang diberikan, dan jangan sampai ada pelanggaran," tegasnya.

Di akhir sambutannya, Andap menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan capaian kinerja Bupati Kolaka Utara sebelumnya, Sukanto Toding.

"Terima kasih atas dedikasi dan prestasi yang Saudara dan istri torehkan selama menjabat sebagai Pj. Bupati dan Ketua Tim Penggerak PKK Kolaka Utara. Selamat bergabung kembali di Pemprov Sultra. Semoga Saudara dan keluarga selalu sehat, bahagia, dan dalam lindungan Allah SWT," tutup Andap.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Sekda Prov Sultra Asrun Lio, Wakil Ketua DPRD Sultra Nursalam Lada, Penjabat Bupati Kolaka Utara sebelumnya Sukamto Toding, Pimpinan K/L yang ada di Sultra dan anggota DPRD Kolaka Utara. (KPN)

  • Bagikan