Fajar Group Gandeng LAN Makassar Lahirkan Eksekutif Inovatif

  • Bagikan
https://kolakaposnews.fajar.co.id/2024/09/22/fajar-group-gandeng-lan-makassar-lahirkan-eksekutif-inovatif/

KOLAKAPOSNEWS.COM, Makassar - Perubahan paradigma bermedia mendorong Fajar Indonesia Corporindo, (FIC) holding fajar group, untuk mempercepat akselerasi perubahan di anak perusahaannya. Salah satunya dengan melahirkan calon pemimpin yang bermental transformasi dan segudang inovasi.

Hal tersebut diwujudkan melalui kegiatan Executive Learning Intensive Training (ELIT), yang telah memasuki batch III. Kali ini, FIC menggandeng Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan, Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KMP LAN) Makassar sebagai trainer, dengan pelatih profesional dan berpengalaman.

CEO FIC, Suhendro Baroma mengatakan perubahan telah terjadi pada industri media. Karena itu, seluruh personil Fajar Grup harus melakukan transformasi digital sebagai bagian dari adaptasi terhadap perubahan. "Teori Pareto menyebut 80 persen hasil, berasal dari 20 persen masukan. Di perusahaanpun ada 20 persen karyawannya sebagai penggerak, dan 80 persen menjadi beban perusahaan. Karena itu kami berharap setelah pelatihan ini, pesertanya menjadi bagian dari 20 persen penggerak itu," ujarnya.

Direktur Fajar Indonesia Corporindo, Suwardi Thahir mengatakan, elit ketiga ini adalah kelanjutan dari elit sebelumnya dimana diformulasi lebih kepada digitalisasi "Digitalisasi sudah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari, maka sekarang yang hadir akan diberikan materi terkait adaptasi terhadap perubahan digitalisasi.” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Fajar Indonesia Corporindo, Sultan Eka Putra mengatakan, ELIT ke III ini diikuti oleh 41 peserta, yang keseluruhannya merupakan bagian dari Fajar dan Jawa Pos grup. Para peserta berasal dari Kalimantan Tengah, Ambon, Lombok, Sultra, Sulbar dan Sulsel. “Pak Alwi punya cita-cita Fajar grup bisa hidup seribu tahun lagi. Ini bisa diwujudkan dengan melahirkan pemimpin yang berintegritas memiliki jiwa leadership sehingga kegiatan ini diselenggarakan,” jelasnya.

Ia berharap peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh selama pelatihan, diperusahaannya masing-masing. ”Kita harap bukan hanya seremonial tapi peserta memperoleh dan mengimplementasikan ilmu yang diperoleh untuk melahirkan inovasi sebagai bagian dari perubahan paradigma media yang telah mengadopsi digitalisasi,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Puslatbang KMP LAN Makassar Andi Taufik mengatakan, ini Pertamakali memberi pelatihan dan pengembangan kepada pelaku media. Meski demikian kata Andi, ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan perintah Presiden untuk membuka seluasnya akses masyarakat kepada fasilitas negara. "Instruksi presiden fasilitas negara didekatkan dengan masyarakat. Ini sengaja diberikan ruang untuk dimanfaatkan masyarakat termasuk kegiatan seperti saat ini dengan media,” jelas Kepala Puslitbang KMP LAN Makassar Andi Taufik.

Ia mengatakan para pelatih yang dipilih sebagai mentor para peserta, merupakan alumni universitas di Australia. Mereka telah mengantongi sertifikat pelatihan internasional. Sehingga, para peserta menerima materi yang berbobot dan bernilai tinggi. "Kurikulum yang kami berikan, telah kami sesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan di industri media saat ini," tandasnya. (*)

  • Bagikan