Bupati Koltim Serahkan Bantuan Pupuk

  • Bagikan

KOLAKAPOS, Tirawuta -- Bupati Kolaka Timur (Koltim) H Tony Herbiansyah menyerahkan bantuan pupuk phonska plus kepada kelompok tani di Kecamatan Mowewe Sabtu (5/6). Penyerahan bantuan secara simbolis diterima Camat Mowewe Marwan dengan kolompok tani.

Bupati Koltim H Tony Herbiansyah berharap covid-19 ini dapat berlalu. Karena sangat meganggu semua termasuk petani. "Ini harus di maklumi, apalagi banyak anggaran di potong", kata Tony saat memberikan sambutan di hadapan kelompok tani di Kecamatan Loea.

Selain itu Tony menjelaskan, bahwa pembagian pupuk ini untuk ketahanan pangan nasional, ini juga merupakan penegasan Kementerian pertanian dalam rangka pasca Covid-19 jangan sampai stok pangan kurang, sehingga Pemerintah pusat menginstruksikan kepada seluruh Kepala Daerah untuk mengantisipasi.

Ia menambahkan, di Sultra dari 17 Kabupaten/Kota, ada 3 daerah yang menjadi penyanggah pangan di Sultra yakni, Koltim, Konawe dan Konsel. "Kita jangan sampai berhenti produksi, dan salah satu caranya kita berikan bantuan pupuk," kata Ketua DPW Nasdem Sultra ini.

Ia berpesan agar bantuan pupuk ini dapat di mamfaatkan, kalau produksi padi tinggi maka yang rasakan manfaatnya juga adalah petani.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Lasky Paemba menuturkan di Koltim ada alokasi bantuan pupuk sebesar 58 ton lebih yang terbagi di 10 Kecamatan dengan 24 kelompok tani, terangnya.

Lanjud lasky, ini merupakan program Pemda di tengah pandemi ini di harapkan petani tidak berhenti berproduksi, dengan bantuan ini di harapkan produksi padi petani lebih meningkat, Pemda sangat paham bahwa daya beli serta kemampuan petani menyediakan saprodi sangat terbatas, katanya.

Olehnya itu, Bupati menyerahkan bantuan pupuk secara simbolis di tiga kecamatan sebagai wujud kepedulian Pda kepada petani di Koltim. kemudian dalam 1 ha petani mendapatkan 6 sak kemasan 25 kg, tutupnya.

Bantuan pupuk ini tersebar di 10 Kecamatan dan 435 orang penerima untuk 392 ha sawah. Di kecamatan loea Bupati menyerahkan bantuan pupuk untuk tiga kelompok tani.( M2/b)

  • Bagikan