Panen Padi di Ranteangin Melimpah

  • Bagikan
Bupati Kolaka Utara Nurrahman Umar panen padi dengan menggunakan mesin panen. FOTO: Suleha/Kolaka Pos

Bupati Kolut Ikut Panen Raya

 

KOLAKAPOSNEWS.COM, Lasusua -- Wilayah Ranteangin, Kabupaten Kolaka Utara, merupakan salah satu daerah penghasil beras di Bumi Patowanua. Tahun ini hasil pertanian melimpah dibandingkan tahun sebelumnya, sehingga digelar pesta panen sebagai wujud syukur atas hasil yang maksimal.

Menurut Bupati Kolut Nurrahman Umar saat menghadiri panen raya akhir pekan lalu, bahwa salah satu sektor yang dapat menggenjot perekonomian ditengah pandemi ini adalah sektor pertanian, dan menjadi fokus dalam kepemimpinanya dengan meningkatkan ekonomi kerakyatan.

"Hasil panen ini ada peningkatan, namun kita menyadari masih perlu upaya untuk lebih meningkatkan lagi, perhektar sawah saat ini menghasilkan 6 ton, seharusnya per hektar sawah itu mampu 8 ton," harapnya.

Ia menambahkan, untuk tahun ini hasil produksi sawah di Ranteangin sebanyak 1.900 ton, dimana tahun sebelumnya hanya mampu mencapai 1.600 ton. "Hasil yang kita capai ini harus terus ditingkatkan, kalau kita bisa merebut angka 8-9 ton per hektar yah Alhamdulillah," terangnya.

Bupati berharap, hasil pertanian seperti padi dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk masyarakat, sehingga menjadi sumber pendapatan masyarakat Kolaka Utara. "Masyarakat diharapkan mampu mengelola sumber daya alamnya, sehingga terus berkelanjutan dan menjadi sumber pendapatan," paparnya.

Untuk diketahui, kegiatan panen raya yang digelar di lumbung Padi di Kecamatan Ranteangin tersebut, dihadiri ketua DPRD Kolaka Utara Buhari, Kepala Dinas Pertanian Syamsu Rijal, Kepala OPD, Staf khusus Bupati Kolaka Utara Kanna dan Tasrim, para penyuluh pertanian serta para petani.(cr2/c)

  • Bagikan