Rektor USN Dorong Generasi Muda Buteng Berjiwa Entrepeneur

  • Bagikan
Rektor USN Dorong Generasi Muda Buteng Berjiwa Entrepeneur

KOLAKAPOSNEWS.COM - Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mengggelar Workshop Kewirausahaan di Aula Lantai IV Kampus B USN, Desa Wakambangura, Kecamatan Mawasangka, Rabu (3/11).

Kegiatan bertajuk "Pembentukan Karakter Kewirausahaan di Kalangan Generasi Muda Buton Tengah" ini dibuka secara virtual oleh Rektor USN, Dr. Azhari, S.STP.,M.Si, dan dihadiri secara langsung sejumlah pejabat USN, yakni Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ruslin Hadanu, Pengelola Kampus B USN Dr. Muis, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (Sainstek) USN, Rina Rembah, Sekretaris LPPM-PMP USN Tasrim, serta sejumlah ketua jurusan dan dosen USN. Workshop ini diikuti puluhan kepala sekolah, guru-guru, serta mahasiswa dan siswa SMA/SMK/MA di Buteng.

Dalam sambutannya, Rektor USN Azhari menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Dia pun mendorong agar generasi muda Buteng memiliki jiwa entrepreneur (kewirausahaan) yang menciptakan lapangan kerja. "Kita jangan jadi orang-orang yang hanya berpikir atau berusaha semata bekerja, tapi bagaimana kita berupaya menciptakan lapangan kerja," ujarnya.

Menurut Putra Mawasangka ini, memulai suatu usaha tidak mesti dengan modal keuangan yang besar. Hal terpenting adalah tekad dan kemauan bekerja keras mengembangkan usaha yang digeluti. "Tidak semua usaha harus bermodal besar, tapi dengan modal kecil pun kita bisa memulai, dan dari yang kecil-kecil itulah kita secara perlahan dan pasti dengan niat, tekad dan kerja keras dibarengi doa untuk bangkit dan berubah yang pada akhirnya membuahkan hasil. Kita berusaha bukan karena orangtua kita kaya atau punya modal, tapi marilah kita belajar, membaca apa saja, jangan pernah berhenti, dan tinggalkanlah hal-hal yang tidak bermanfaat," katanya.

Lebih jauh Azhari menguraikan soal kehadiran Kampus B USN di Buteng. Kata dia, Kampus USN di Buteng diarahkan pada bidang ilmu kemaritiman dan kelautan karena di daerah tersebut memiliki potensi dan daya dukung unggulan yang sangat besar. "Laut kita terbentang luas, potensi sumber daya alam kita hanya akan dapat mampu dan sukses apabila diarsiteki tenaga-tenaga yang punya keahlian di bidangnya itu. Karenanya, jangan yang lain berkembang, kita tidur. Saya sangat berharap pada anak-anakku, baik mahasiswa terutama siswa SMA/SMK/MA yang alhamdulillah berkenan jadi peserta kegiatan ini, dapat memetik ilmu dan pengetahuan untuk dijadikan langkah pemacu diri menyongsong perubahan dan raihan masa depan yang cerah dan baik," tandasnya.

Sementara Ketua Panitia Workshop, Tasrim mengatakan kegiatan yang dilaksanakan bermaksud menyongsong dinamika perubahan khususnya bagi generasi (siswa) ke masa depan. Karena itu, salah satu upaya dilakukan adalah mempersiapkan karakter-karakter diantaranya karakter entrepreneurship (kewirausahaan). "Kami sangat berterima kasih atas kedatangan dan hadir adik-adik (siswa) dan guru-guru maupun undangan pada kegiatan ini," ujar Tasrim.

Workshop Pembentukan Karakter Kewirausahaan Generasi Muda Buteng, menampilkan sejumlah pemateri, baik dari internal kampus USN maupun dari eksternal di Kabupaten Buteng. Diantaranya Prof. Ruslin Hadanu dengan materi "Karakter Kewirausahan Generasi Muda", Zamrun, SE, M.Si (Ketua HIPMI Cab, Buteng) materi "Merubah Minset Pekerja Menjadi Wirausahawan", Haris Ilman (Pembina HIPMI Buteng) materi "Merancang dan Mewujudkan Ide dan Kreatif Bisnis", dan Tasrim, S.Pd., M.Pd dengan materi "Manajemen Organisasi Bisnis". (kal)

  • Bagikan