Pecatur Puteri Kolaka Sabet Gelar WNM

  • Bagikan
Atlet catur puteri asal Kolaka Wahdhuna (cadar) yang berhasil merebut gelar master pada Kejurnas di Jakarta. (Ist)

KOLAKAPOSNEWS.COM, KOLAKA - Atlet catur puteri asal Kabupaten Kolaka Mawdhuna (21) berhasil merebut gelar Women Nasional Master (WNM) pertama di wilayah Sulawesi. Hal itu setelah ia berhasil memenangkan enam babak di kejuaraan nasional (Kejurnas) catur yang diselenggarakan di ibu Kota Jakarta, 13 sampai 20 Maret.

Wanita bercadar ini mampu mencatat sejarah baru untuk gelar master tersebut setelah berhasil mengalahkan lawannya dari berbagai daerah di Indonesia.

Sekum Percasi Kolaka Asnawi mengaku bersyukur atas prestasi yang berhasil ditorehkan altet catur putri di tingkat nasional. Apalagi Kejurnas tersebut diikuti sekitar 1.506 orang dari seluruh Indonesia dan tercatat sebagai rekor MURI untuk kategori peserta catur terbanyak.

Apalagi dalam ajang tersebut, atlet Kolaka mampu mencatatkan sejarah, karena mampu merebut gelar master nasional kategori puteri pertama di wilayah Sulawesi. "Allhamdulilah atlet Kolaka ada yang berhasil merebut gelar master putri dan untuk wilayah Sulawesi baru pertama mencetak rekor untuk gelar master nasional. Ini merupakan prestasi yang luar biasa karena belum pernah ada atlet di wilayah Sulawesi yang berhasil merebut gelar master tersebut," katanya saat dihubungi media ini, Minggu (19/3).

Dikatakannya, untuk memperoleh gelar tersebut tidaklah mudah karena harus melalui sembilan babak. Dan berkat kegigihan dan semangat bertanding atlet Kolaka mampu memenangkan enam babak. "Untuk mendapatkan gelar master itu harus bisa melewati 9 babak dan untuk standarnya peserta harus bisa memenangkan 6 babak. Dan alhamdulillah atlet puteri kita berhasil memenangkan 6 babak sehingga lolos merebut gelar master. Dan lawannya yang terakhir itu pemain Olimpiade dari Jawa Timur dan bisa dikalahkan," ucapnya.

Atas prestasi tersebut kata Asnawi, secara otomatis Wahdhuna juga akan mewakili Sultra di ajang Pra PON di kota Palu pada tahun depan tanpa harus melewati seleksi. "Dengan hasil tersebut dia juga otomatis lolos Pra PON mewakili Sultra," jelasnya.

Dirinya berharap dengan prestasi tersebut, kedepannya akan memberikan dampak positif bagi kemajuan di dunia catur di Bumi Mekongga. "Semoga Kabupaten Kolaka bisa terus melahirkan para atlet catur yang handal,sehingga bisa mengharukan nama daerah di kancah nasional maupun internasional," harapnya. (eno).

  • Bagikan