Manfaatkan Potensi Wilayah Pesisir, Tim Pengabdian Masyarakat USN Kembangkan Koperasi Nelayan di Tanggetada

  • Bagikan
Tim Pengabdian Masyarakat FPPP USN Kolaka.

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka - Pengelolaan sumber daya laut dan pesisir di berbagai daerah perlu mendapat perhatian lebih dari berbagai pihak. Hal itulah yang mendasari tim pengabdian masyarakat Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (FPPP) USN Kolaka, menggandeng emak-emak Kampung Bajo, kecamatan Tanggetada, membentuk Koperasi Produsen Pesisir Nelayan Sejahtera.

Menurut ketua tim pelaksana Ilham Antariksa, Koperasi Produsen Pesisir Nelayan Sejahtera menjadi wadah nelayan dalam menjalankan usaha perikanan skala kecil. Usaha yang tengah dijalankan Koperasi ini, berfokus pada usaha pengolahan perikanan dengan memanfaatkan potensi dari wilayah pesisir Tanggetada. Salah satu potensi tersebut adalah ikan padang lamun, seperti ikan Katamba (Lethrinidae), Malaja (Siganidae), Kaka Tua (Pomacentridae), Bulan-bulan (Megalopidae) dan ikan Putih (Carangidae).

"Kami berinisiatif menjadi mitra untuk mengembangkan potensi yang ada, melalui diversifikasi produk olahan ikan padang lamun pada program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM). Adapun tim pengabdian masyarakat FPPP USN Kolaka yang terlibat pada program PKM ini adalah Ilham Antariksa, T., S.Kel.,M.Si sebagai ketua tim pelaksana PKM beserta anggota Hasbiadi, S.ST., M.ST, Arman Pariakan, S.Pi., M.Si, Dr. Ramlah Saleh, M.Si, dan Masitah, S.P., M.P, serta melibatkan beberapa mahasiswa," beber Ilham Antariksa.

Ia menambahkan, diversifikasi produk olahan ikan ini bertujuan untuk memberi nilai tambah, variasi produk, kemasan yang menarik serta meningkatkan animo penjualan dari usaha perikanan Koperasi Produsen Pesisir Nelayan Sejahtera. Program PKM yang dilakukan terdiri dari beberapa kegiatan, antara lain pelatihan pengolahan ikan padang lamun menjadi produk abon dan kerupuk, serta pelatihan pengemasan dan pemasaran produk pengolahan ikan.

Selain itu, Koperasi juga dibantu beberapa peralatan serta kemasan pouch, dengan desain yang menarik untuk menunjang kegiatan usahanya. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan keterampilan, pengetahuan, kreativitas para ibu-ibu anggota Koperasi dalam mengolah ikan menjadi sebuah produk, dan menjadi solusi bagi permasalahan yang dialami Koperasi dari segi aspek produksi, manajemen usaha serta pemasaran sehingga muaranya adalah peningkatan kesejahteraan bagi para pelaku usaha perikanan skala kecil.

"Kami dari tim pengabdian masyarakat FPPP USN Kolaka, mengucapkan banyak terimakasih kepada DRTPM Kemendikbud-Ristek sebagai pemberi dana, pihak LP2M dan FPPP USN Kolaka yang banyak memfasilitasi kegiatan ini, Koperasi Produsen Pesisir Nelayan Sejahtera sebagai mitra, serta pemerintah kabupaten Kolaka yaitu Camat Tanggetada dan Lurah Anaiwoi yang telah memberikan izin pelaksanaan kegiatan PKM ini," tandasnya. (p1)

  • Bagikan