KPM Sultra Kampanyekan Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan

  • Bagikan
KPM Sultra menggelar 16 HAKTP di Lapas Perempuan Klas III Kendari, Selasa (5/12/2023).

KOLAKAPOSNEWS.COM, KENDARI - Komunitas Perempuan Muda (KPM) Sultra menggelar kampanye anti kekerasan terhadap perempuan dan anak. Kegiatan tersebut berlangsung di Lapas Perempuan Klas III Kendari, Selasa (5/12/2023). Para peserta dibimbing untuk memahami ketentuan hukum dalam membela hak-hak perempuan dan anak dari penindasan.

Koordinator KPM Sultra, Lili Karliani mengungkapkan, sosialisasi yang digelarnya dalam rangka kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (HAKTP). Tema yang diangkat pada kegiatan tersebut: "Pulih Bersama; Hentikan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak".

"Peserta yang hadir sebanyak 30 orang. Mereka adalah warga binaan Lapas Perempuan Kelas III Kendari. Mereka saat ini sedang menjalani proses hukum dengan kasus yang berbeda-beda," ungkap Lili Karliani.

Dia menambahkan, kampanye HAKTP diharapkan dapat  meningkatkan pemahaman perempuan dalam berhadapan dengan hukum positif. Mereka bisa mengenali bentuk-bentuk dan jenis kekerasan. Mengetahui undang-undang tindak pidana kekerasan seksual. Termasuk memberikan penguatan kepada perempuan yang sedang menjalani proses hukum. Mereka harus kuat dan mampu menata kehidupan dan mencegah  terjadinya kekerasan yang berulang. 

"Kami berharap pada momen kampanye 16 HAKTP ini, terbangun ruang aman bagi perempuan berhadapan dengan hukum dari segala bentuk kekerasan," harapnya. (KPN)

  • Bagikan