Hasil Reses DPRD Kolaka Didominasi Usulan Perbaikan Infrastruktur

  • Bagikan
Juru bicara tim reses Dapil 3 Abdul Rauf saat menyampaikan laporan hasil reses tim Dapil 4 kepada Ketua DPRD Kolaka Syaifullah Halik. FOTO: Humas DPRD Kolaka

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka - DPRD Kolaka menyampaikan laporan hasil reses masa persidangan I tahun 2024 dalam rapat paripurna pada Senin (29/1) siang. Hasil reses didominasi usulan terkait perbaikan infrastruktur jalan, jembatan, dan fasilitas kesehatan dan pendidikan.

Seperti yang disampaikan juru bicara tim Dapil 1 (Kecamatan Kolaka dan Latambaga), Djoni Gerry. Masyarakat dapil 1 umumnya mengusulkan terkait perbaikan jalan dan drainase, pengadaan lampu jalan, dan pelayanan air bersih. Selain itu, masyarakat juga mengusulkan bantuan UMKM, dan rumah layak huni. "Masyarakat Kecamatan Kolaka dan Latambaga juga mengeluhkan kelangkaan pupuk subsidi, mengusulkan rehabilitasi jalan usaha tani, dan pengadaan alat petukangan dan perbekengkelan," kata Djoni Gerry.

Begitu pula dengan tim Dapil 2 yang meliputi Kecamatan Wundulako, Baula, dan Pomalaa. Hasil reses yang disampaikan oleh ketua tim Dapil 2 Ramadhan Husain, mengharapkan adanya perbaikan infrastruktur jalan pada beberapa titik di tiga kecamatan itu. Masyarakat dapil 2 juga mengharapkan adanya pengembangan SDM melalui berbagai pelatihan yang dapat mengembangkan life skill baik pelatihan menjahit, perbengkelan maupun keterampilan lainnya. Peningkatan infrastruktur jalan, bantuan alat pertanian, dan bantuan modal usaha juga menjadi harapan masyarakat. "Masyarakat dapil 2 juga mengingingkan adanya pengadaan Tempat Pembuangan Sampah karena belum ada fasilitas ini pada tiga kecamatan itu," ungkap Ramadhan.

Usulan perbaikan jalan, drainase, dan jembatan juga disampaikan tim Dapil 3 yang meliputi Kecamatan Tanggetada, Polinggona, Watubangga dan Toari. Masyarakat dapil 3 juga meminta pengadaan lampu jalan, sumur bor dan bantuan UMKM, serta percetakan sawah baru. Ada pula usulan terkait pengadaan tiang listrik dan perbaikan fasilitas sekolah. "Semua aspirasi yang disampaikan masyarakat Dapil 4, akan kami kawal dan perjuangkan agar bisa direalisasikan oleh pemerintah daerah," tegas juru bicara tim reses Dapil 3, Abd. Rauf.

Senada dengan hasil reses pada Dapil 4 yang meliputi Kecamatan Samaturu, Wolo dan Iwoimendaa yang disampaikan oleh ketum tim Dapil 4, Rahman. Perbaikan jembatan, jalan tani, dan sarana pendukung pelayanan kesehatan dan pendidikan menjadi aspirasi masyarakat setempat. Selain itu, bantuan UMKM dan rumah layak huni juga menjadi usulan masyarakat di tiga kecamatan wilayah utara Kolaka itu.

Rapat paripurna penyampaian laporan hasil reses tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kolaka, Syaifullah Halik didampingi Wakil Ketua I H. Husmaluddin, Wakil II I Ketut Arjana dan dihadiri para anggota dewan lainnya. Sementara dari Pemda Kolaka dihadiri oleh Asisten III Hj. Andi Wahidah mewakili Pj Bupati Kolaka Andi Makkawaru, dan para pimpinan OPD.

Sebelumnya, para legislator DPRD Kolaka melaksanakan reses selama 6 hari, mulai tanggal 21 sampai 26 Januari 2024. Mereka menampung berbagai keluhan dan harapan Bumi Mekongga untuk diperjuangkan agar bisa diimplementasikan oleh Pemda Kolaka. (kal)

  • Bagikan