Selamat HPN, Saatnya Insan Pers Mengokohkan Tekad Sebagai Pejuang

  • Bagikan

Oleh: Komjen Pol (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto, SIK., MH.

Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara

9 Februari ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia. 

Bagi saya pers bukan hanya berperan mewartakan informasi. Pers memiliki fungsi mengedukasi masyarakat. Mengabarkan pencerahan bagi publik. Bahkan, pers Indonesia sejak awal mula berdirinya, membawa misi menjadi bagian dari memperjuangan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pers menjadi salah satu pilar pembangunan bangsa. Insan Pers harus tetap menjaga marwahnya dalam menjalankan fungsinya. Pers memiliki peranan penting dalam menangkal hoaks dan menjadi wadah perekat dan pemersatu bangsa. Pers tak sekadar menjalankan fungsi sebagai penyaji informasi, hiburan, dan sosial control, namun terpenting juga peranan pers menjalankan fungsi edukasi dan fungsi ekonomi sesuai ketentuan undang-undang pers.

Pada tahun ini, bertepatan dengan Pemilihan Umum 2024, Hari Pers Nasional mengusung tema: "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa"

Selamat Hari Pers Nasional 2024. Sungguh saya berharap besar kepada seluruh insan pers, khususnya yang bertugas di Sulawesi Tenggara menjadi bagian perjuangan mengawal pesta demokrasi yang jujur dan adil.

Terima kasih untuk seluruh insan pers, khususnya yang mengabdikan diri di seluruh Provinsi  Sulawesi Tenggara. Terima kasih atas sumbangsih dalam perjuangan untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat di Bumi Anoa.

Selamat Hari Pers Nasional. Saatnya insan pers menorehkan diri sebagai pejuang. Pejuang yang terlibat aktif melalui karya media untuk mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Salam hormat kami, @br.

  • Bagikan