Usai Libur Panjang, Pj. Gubernur Sultra Cek Kehadiran ASN, Apel Pagi Dirangkaian Halalbihalal

  • Bagikan

KOLAKAPOSNEWS.COM, KENDARI - Pemprov Sultra telah memberikan warning kepada seluruh ASN agar disiplin masuk kerja usai libur panjang idulfitri 1445 Hijriah. Hari pertama masuk kerja, Pj. Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto turun langsung memimpin apel pagi untuk mengecek persentase tingkat kehadiran ASN lingkup Pemprov Sultra. Apel pagi tersebut dirangkaikan dengan Halalbihalal, di Kantor Gubernur Sultra, Selasa (16/04/24).

Apel pagi diselenggarakan untuk melihat implementasi penyesuaian sistem kerja ASN serta kondisi keselamatan ASN Pemprov Sultra setelah cuti bersama Lebaran. Usai apel, dianjutkan Halalbihalal bersama seluruh ASN Pemerintah Provinsi Sultra.

"Alhamdulillah, hari ini kita dapat menggelar Halalbihalal dengan seluruh ASN jajaran Pemprov Sultra pada rangkaian apel pagi Pegawai. Kita juga mengimplementasikan penyesuaian sistem kerja Pegawai ASN sesuai SE MenPAN-RB yang telah ditindak lanjuti dengan SE Gubernur," ujar Andap pada amanat apel pagi Pegawai.

"Penyesuaian tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari. Senin-Selasa 16-17 April 2024. Pegawai yang memberikan pelayanan publik kepada masyarakat harus hadir 100 persen sedangkan yang memberikan pelayanan administrasi pemerintahan hanya 50 persen work from office. Untuk itu kami cek implementasi dari SE (surat edaran) tersebut," ungkapnya.

Andap: Selamat Idulfitri, Mohon Maaf Lahir Batin

Pada momentum halalbihalal, Pj Gubernur Sultra menghaturkan permohonan maaf lahir dan batin jika ada ucapan, sikap, dan tindakan yang menyakiti atau melukai siapa pun, utamanya kepada jajaran Pemprov Sultra termasuk jajaran Kabupaten/Kota se-Sultra.

"Saya Pj. Gubernur Sultra, menghaturkam permohonan maaf kepada seluruh ASN di lingkup Pemprov Sultra dan Kabupaten/Kota apabila selama 224 hari memimpin Saudara-Saudara masih banyak kekurangan dan keterbatasan," ungkapnya.

Pj. Gubernur Ucapkan Terima Kasih Atas Dedikasi ASN

Selain itu, Pj. Gubernur ucapkan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah berjuang untuk menolong masyarakat ketika hadapi berbagai kesulitan, seperti El-Nino berkepanjangan dan juga bencana hidrometeorologi berupa banjir.

"Saya salut dan bangga kepada seluruh ASN yang berdedikasi dan telah melaksanakan pengabdian tanpa pamrih. Disisi lain, masih ada diantara kita yakni para pejabat publik dan sebagian kecil ASN yang tidak memiliki rasa tanggung jawab atas amanah tugasnya," ucap Pj Gubernur.

"Ini sebagai auto kritik sehingga kedepannya kita semua menjadi semakin baik," tambahnya.

Andap juga memberi motivasi dengan menyitir QS 94:6 "Inna Ma'al 'Usri Yusro" Maka Sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan. Andap berharap melalui perayaan idulfitri 1445 Hijriah / 2024 Masehi menjadi titik awal untuk perjalanan selanjutnya. 

"Mari dalam melaksanakan tanggung jawab dan pekerjaan agar senantiasa mengarahkan hati, pikiran dan komitmen kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Berikan pelayanan publik bukan hanya normatif administratif," kata Andap.

"Semoga kita dapat berkhidmat untuk mewakafkan hidup di jalan kebajikan. Semoga kita termasuk orang-orang yang memilih dan dipilih oleh Allah SWT untuk jalan itu," tambahnya.

Andap juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian ASN Pemprov Sultra yang melaksanakan tugas saat Pegawai lainnya Cuti Bersama Lebaran.

"Saya apresiasi dan ucapkan terima kasih kepada Rekan-Rekan yang tetap bertugas saat Cuti Bersama Lebaran, yakni Dishub, Petugas medis di RS maupun Posko Kesehatan, Satpol PP, Dinas ESDM, dan Perangkat Daerah lainnya," ungkapnya.

"Tahun lalu tercatat ada 1 (satu) ASN yang menjadi korban Laka Lantas. Alhamdulillah, tahun ini zero traffic accident," tambahnya.

Andap juga menuturkan rasa duka dan prihatinnya, karena masih adanya berbagai kasus menonjol yang terjadi.

"Kita turut berduka dan prihatin, semua ini menjadi perhatian, perlu disikapi, dan akan kita tindak lanjuti bersama," tuturnya

Pj Gubernur melanjutkan kegiatan dengan Halal Bihalal bersama Perangkat Daerah dan seluruh ASN Pemprov Sultra.

Turut hadir pada kegiatan tersebut yakni Sekda Provinsi Sultra, Kepala Perangkat Daerah, Pimti Pratama, dan ASN Pemprov Sultra. (KPN)

  • Bagikan