Pemda Konsel Gelar Bimtek Cara Penyusunan LPPD

  • Bagikan
Asisten I Ir. Agusalim (batik) saat membuka kegiatan Bimtek tata cara penyusunan LPPD. FOTO: Sapruddin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo -- Pemerintah Daerah Konawe Selatan (Konsel) melalui Bagian Pemerintahan menggelar bimbingan teknis cara penyusunan dan penyajian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD), yang salah satu turunannya adalah Informasi LPPD yang mensyaratkan dapat diakses oleh publik melalui berbagai media, termasuk pada website resmi Pemda.

Kegiatan ini, dibuka oleh Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesra, Ir. H. Agusalim didampingi Kabag Pemerintahan Setda, Drs. Anas Mas'ud. Diikuti para pengelola LPPD OPD, Bagian dan Pemerintah Kecamatan se-Konsel, dengan pemateri utama Kasubdit Evaluasi Kinerja, Ir. Agustenno Siburian. M.Si dan Kasi Wil II Direktorat Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah (EKPD) Kemendagri Haryanto, SE, Selasa (11/12).

Asisten I Pemda Konsel Agusalim menjelaskan, bahwa LPPD memuat kinerja Pemda, dalam menyelenggarakan seluruh urusan konkuren/urusan bersama, yang dibagi kepada Pemerintah Pusat, Provinsi, dan daerah secara proporsional berdasarkan azas desentralisasi dan tugas pembantuan.

"Sehingga Akuntabilitas dan transparansi Pemda, terhadap hasil kinerja penyelenggaraan urusan konkuren dan pelayanan publik kepada masyarakat, dapat diwujudkan sebagai satu kesatuan sistem pelaporan penyelenggaraan Pemda yang komprehensip, utuh dan tunggal," jelasnya.

Yang mana, lanjut dia penyusunan LPPD merupakan kewajiban Kepala Daerah, untuk memberikan laporan ke pusat untuk diketahui indeks kinerja kunci (IKK) dari setiap OPD, yang nantinya menjadi instrumen penilaian dan pengawasan pusat. Atas keberhasilan Pemda menyelenggarakan pemerintahan, baik perumusan kebijakan maupun disegi pembangunan.

"Kualitas penyusunan LPPD, ditentukan komitmen pimpinan daerah untuk mendorong OPD selaku penanggung jawab IKK, yang secara rutin melaporkan hasil capaiannya kepada kepala daerah. Sehingga diperlukan pembentukan tim LPPD Kabupaten yang handal, agar dapat melaksanakan fungsi koordinasi dengan perangkat daerah, dalam proses penyusunan LPPD dengan menyajikan IKK yang berkualitas," paparnya.

Ditambahkan Agusalim, pelatihan ini adalah usaha Pemda untuk menyamakan persepsi dari semua penanggung jawab pengelola LPPD, pada OPD hingga ke tingkat Kecamatan. Olehnya, peserta diharapkan dapat menyimak dengan serius apa yang dipaparkan pemateri, sehingga kualitas kinerja pengelola LPPD bisa lebih baik.

Sementara itu, Kabag Pemerintahan Anas Mas'ud menyampaikan bahwa, kegiatan ini diikuti 85 peserta selama 3 hari kedepan mulai tanggal 11 - 13 Desember. Tujuannya, untuk meningkatkan pemahaman pengelola data pada OPD cara penyampaian LPPD, agar kualitas kinerja LPPD Konsel, semakin meningkat baik dari segi peringkat, skor (nilai) dan kinerja.

"Target pemda, adalah dapat menyajikan LPPD terbaik, untuk tingkat Provinsi Sultra sehingga dapat mendongkrak peringkat pada tingkat nasional," ungkapnya.

Dengan tantangan dan target Pemda sambung dia, di Tahun 2019, masyarakat harus dapat mengakses informasi LPPD, melalui website Pemda agar tujuan menciptakan keterbukaan informasi publik dapat terwujud.

"Dan kita juga dapat melihat peningkatan yang signifikan, terhadap peringkat LPPD Konsel secara nasional, sekaligus masyarakat dapat mengetahui kinerja Pemda, setiap tahunnya melalui berbagai media publikasi," pungkasnya. (k5/b)

  • Bagikan