Harga Bawang Putih di Butur Naik

  • Bagikan

KOLAKAPOS, Buranga--Menjelang bulan suci Ramadhan 2019, harga bawang putih di Pasar Sentral Mina-minanga Kulisusu melonjak naik. Para pedagang bahkan menjual bawang putih perkilogramnya Rp 50.000 sampai Rp 70.000.

Salah satu pedagang bawang di pasar sentral Mina-minanga Kulisusu yang tidak mau disebutkan namanya menuturkan, kenaikan harga tersebut sejak Minggu lalu, namun lonjakan harga tertinggi terjadi Minggu ini.

Dia mengungkapkan, harga bawang putih dan bawang merah keduanya mengalami kenaikan yang signifikan, dari harga normal bawang putih Rp 30.000/kg naik 70.000/kg, sedangkan bawang merah dari harga Rp 45.000/kg naik Rp 60.000/kg.

"Naik harga bawang putih sampe Rp 70.000 karena kurang stok dari Surabaya. Katanya belum keluar izin ekspornya dari Surabaya, makanya dia mahal. Kalu bawang merah banyak stoknya tapi naik juga harganya Rp 60.000, "ujarnya saat ditemui, Minggu, 5 Mei 2019.

Sementara itu, Kepala Dinsperindag Butur, AS Sabran mengatakan, kondisi harga di pasar menjelang puasa masi terkendali. "Kalu kenaikan bawang putih ini secara nasional, dibeberapa derah juga begitu. Hanya memang di Baubau itu menurut informasi masi ada stok, kemarin suda ada yang sanggup beli. Rata-rata naiknya harga menurut TPID stok kurang. Kalu untuk pasar murah nanti menjelang lebaran, "kata As Sabran saat dihubungi melalui sambungan selulernya beberapa waktu lalu. (k10/b)

  • Bagikan