Warga Diminta Proaktif Isi Data Sensus Penduduk

  • Bagikan
BPS Muna gelar rapat koordinasi daerah Sensus Penduduk 2020 di kantor Bupati Muna, dihadiri Sekda Muna, Ali Basa, Dandim 1416/Muna, Letkol Inf Febi Triandoko. FOTO: Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha -- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Muna, Kadir Pua berharap masyarakat Muna berpartisipasi aktif dalam gerakan sensus penduduk dengan memberikan data yang valid kepada petugas. Sebab, sensus penduduk dilakukan 10 tahun sekali.

Menurutnya, manfaat data sensus penduduk adalah tersedianya data kependudukan dan karakteritiknya, dasar evaluasi pembangunan nasional dan pembangunan manusia, dasar perencanaan di berbagai bidang antara lain transportasi, komunikasi, tata ruang dan lingkungan, ketenagakerjaan, perumahan, pendidikan, kesehatan, sosial dan budaya. "Sehingga saat pengurusan yang berhubungan dengan data-data, kartu-kartu kependudukan misalnya jangan hanya menuliskan alamat desa dan kelurahan, tapi sedapat mungkin itu sampai RT/RW," ucapnya usai menggelar rapat koordinasi daerah Sensus Penduduk di kantor Bupati Muna, Rabu (12/2).

Kata Kadir, sensus penduduk tahun ini sangat istimewa jika dibandingan dengan 10 tahun silam. Istimewanya adalah sensus penduduk tahun ini bisa dilakukan secara online.Pendataannya akan dimulai pada 15 Februari hingga 31 Maret. Sementata untuk pendataan sensus penduduk wawancara dimulai 1 Juli hingga 31 Juli mendatang. "Sensus penduduk online bisa masuk di laman Sensus.bps.go.id. Masuknya itu cukup menggunakan nomor induk kependudukan salah satu anggota rumah tangga dan nomor kartu keluarga. Jadi bisa diakses oleh siapapun yang penting punya android dan paket internet," pungkasnya. (m1)

  • Bagikan