Pemkab Kolut Prioritaskan Anggaran Penanganan Covid-19

  • Bagikan

KOLAKAPOSNEWS.COM, Lasusua -- Penanganan Covid-19 di Kolaka Utara dan fokus pemulihan ekonomi menjadi prioritas anggaran tahun 2020, tahun ini sekitar Rp24 miliar pemerintah daerah Kolaka Utara gelontorkan agar wilayah paling ujung Sulawesi Tenggara tersebut cepat pulih dari pandemi yang melanda negeri.

Bupati Kolut Nur Rahman Umar, saat rapat paripurna DPRD Kolaka Utara untuk dana keseluruhan Rp1,53 triliun, namun mengalami refocusing (pengurangan) sebanyak Rp955 miliar. Sehingga setelah perubahan ini secara keseluruhan dikalkulasi senilai Rp1,16 triliun. "Penganggaran terkait Covid-19 untuk perubahan sudah tidak ada karena telah include dengan Rp24 miliar yang dianggarkan sebelumnya," katanya.

Anggara Rp24 miliar kata dia, saat ini baru terealisasi sekitar 38 persen untuk penanganan Covid-19, hal tersebut menjadi alasan sehingga untuk perubahan anggaran. "Yang terealisasi 38 persen terkait penanganan covid-19. Ini menjadi alasan sehingga tidak dianggarkan lagi pada perubahan karena telah ada intensif Rp11,5 miliar dari Dana Insentif Daerah (DID) yang dikucurkan pusat, terkait pemulihan ekonomi pada masa pandemi saat ini," katanya.

Diapun menambahkan, anggaran Rp24 miliar merupakan hasil pergeseran anggaran dari beberapa OPD di wilayah otoritasnya. “Kita sangat berharap tidak ada lagi penambahan pendanaan terkait penanganan Covid-19, karena seiring peningkatan jumlah kasus. Artinya, jika keadaan mulai membaik maka penganggaran juga berkurang dan sebaliknya," tandasnya. (cr2/b)

  • Bagikan