PDIP Buka Penjaringan Bacabup Kolaka

  • Bagikan
Ketua DPC PDIP Kolaka, Suasana HM

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka - Pilkada Kolaka 2024 tinggal menghitung bulan. Sejumlah parpol sudah mulai memanaskan mesinnya selepas Pilpres dan Pileg 2024. Setelah Partai Golkar, PDI Perjuangan (PDIP) juga mulai membuka menjaringan untuk bakal calon bupati dan wakil bupati (Bacabup) Kolaka. Pendaftaran bakal calon di partai berlambang banteng moncong putih itu dibuka mulai hari ini, Senin (1/4/2024).

Ketua DPC PDIP Kolaka, Suasana HM mengatakan pendaftaran bakal calon di partainya terbuka untuk umum, baik kader PDIP maupun non kader. Bakal calon dapat mengambil formulir pendaftaran di kantor DPC PDIP Kolaka di Kompleks Hotel Sutan Raja. "Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka mulai tanggal 1 sampai 20 April 2024. Pendaftaran dimulai dari jam 11.00 sampai dengan pukul 15.00 Wita," kata Suasana, Minggu (31/3).

Setelah tahapan pendaftaran ditutup pada 20 April nanti, selanjutnya DPC akan menyerahkan nama-nama pendaftar ke DPD untuk diteruskan ke DPP. "Semua nama yang mendaftar di DPC kita bawa nanti ke DPD dan penentuan akhirnya di DPP," ujar Suasana.

Namun sebelum diserahkan ke DPP, sambung dia, DPC terlebih dahulu akan melakukan survei terhadap masing-masing pendaftar. Hasil survei itu juga akan diserahkan ke DPP untuk menjadi pertimbangan DPP dalam menentukan siapa figur yang bakal diusung di Pilkada Kolaka. "Karena yang dilihat DPP itu hasil survei, diantaranya terkait popularitas, elektabilatas, dan kemampuan persiapannya. Misalnya saja saya selaku Ketua DPC, ketika hasil survei saya rendah, maka pasti tidak bisa dipaksakan. Karena acuan DPP mengeluarkan rekomendasi itu berdasarkan hasil survei," tambah Suasana.

Suasana menginginkan figur bakal calon yang menggunakan partainya di Pilkada Kolaka nanti benar-benar punya kans besar untuk menang. "Di Pilcaleg Kolaka kita sudah menjadi pemenang dengan meraih kursi ketua DPRD. Tentu di Pilkada Kolaka kita juga ingin mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati yang paling berpeluang menjadi pemenang," tegas Suasana.

Sebagai informasi, berdasarkan hasil Pileg Februari lalu, PDIP menjadi partai pemenang dengan meraih lima kursi DPRD Kolaka periode 2024-2029. PDIP tinggal membutuhkan tambahan satu kursi lagi dari partai lain untuk mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati Kolaka. (kal)

  • Bagikan