Pelaku UKM Didorong Masuk Pasar E-Commerce

  • Bagikan
KOLAKAPOS, Jakarta--Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, Rumah Kreatif BUMN (RKB) didirikan untuk mendorong UMKM supaya bisa naik kelas. Namun, untuk menuju ke sana, diperlukan persiapan matang. Mulai peningkatan kualitas produk dan kemasan, manajemen organisasi, sampai pemasaran. ”Jadi, di dalam RKB ini juga akan ada pelatihan bagi para UMKM. Misalnya, menyiapkan pelaku usaha masuk ke pasar e-commerce. Dengan demikian, bisa berkembang, tidak hanya di pasar lokal, tapi juga internasional,” ujarnya, Rabu (11/1). Bank Mandiri mendapat tugas membangun 17 RKB yang tersebar di Jawa Barat, NTT, Lampung, Sulawesi Selatan, Maluku, hingga Papua. Di Jatim, selain di Surabaya, RKB juga didirikan di Trenggalek dan Ponorogo. Selain itu, RKB di bawah Bank Mandiri akan dikembangkan bersama-sama dengan Wirausaha Muda Mandiri. Itu adalah program entrepreneurship yang digagas bank BUMN tersebut. ”RKB juga menjadi chapter bagi Wirausaha Muda Mandiri. Hingga sekarang, sudah banyak alumninya,” paparnya. Selain itu, akan dikembangkan pula untuk para pelaku usaha yang sudah mendapat pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) dan menjadi mitra binaan. ”Minimal dalam setahun, ada seratus pengusaha yang bisa online,” papar Kartika. Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, banyak UMKM yang dibiayai perbankan tapi sering tidak bisa naik kelas. ”Makanya, harus ada pembenahan,” ujar Rini. Dia mencontohkan, banyak UMKM yang bergerak di bidang makanan. Karena itu, mereka memerlukan fasilitas dari sisi hak paten dan sertifikasi halal. (jpnn)
  • Bagikan