Penjualan Ponsel Segmen Menengah Melemah

  • Bagikan
KOLAKAPOS, Surabaya--Penjualan telepon seluler pada Lebaran tahun ini tak terlalu menggembirakan. Setidaknya, hal itu terlihat dari penjualan yang dibukukan Apollo. Salah satu retailer ponsel terbesar di Jawa Timur itu hanya mampu meningkatkan penjualan 10–15 persen. Penurunan terbesar terjadi di segmen menengah ke bawah. ’’Konsumen di segmen tersebut menahan pembelian lantaran Lebaran bertepatan dengan tahun pelajaran baru,’’ tutur Irwan Hariyanto. Berbeda dengan permintaan di segmen menengah ke bawah yang relatif sepi, demand segmen menengah hingga premium lebih stabil. Sebab, banyak konsumen kelas menengah yang membidik ponsel premium. Segmen menengah dengan kisaran harga Rp 2 juta–Rp 3,5 juta masih memberikan kontribusi yang cukup signifikan, yakni 50 persen. Maraknya ekspansi dari pabrikan Tiongkok membuat masyarakat juga mulai meminati handset produksi negara itu. Terutama Xiaomi, Vivo, dan Oppo. Meski demikian, Samsung masih berkontribusi sekitar 50 persen terhadap total penjualan ponsel di gerai Apollo. Seri J paling banyak diminati. Lalu, disusul Seri A. Media Engagement OPPO Indonesia Aryo Meidianto Aji menambahkan, penjualan Oppo memang naik 10–20 persen di momen Lebaran. Beberapa seri mampu mendongkrak penjualan Oppo seperti F3 edisi black. Kontribusi terbesar masih berasal dari seri F3 dan F1 sebesar 60 persen. (jpnn)
  • Bagikan