500 KK di Butur Bakal Terima Bantuan Usaha Bersama

  • Bagikan
Kadis Dinsos Butur, Dra Muliana.

KOLAKAPOS, Buranga -- Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Butur, dalam waktu dekat akan mendapatkan bantuan usaha bersama untuk 500 kepala keluarga (KK), yang tersebar di wilayah Butur. Hal itu disampaikan Kepala Dinsos Butur, Muliana, pada awak media ini beberapa waktu lalu. Muliana mengatakan, bantuan itu merupakan program nasional melalui Kementerian Sosial, yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengembangkan usaha bersama, untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga.

"Kelompok usaha bersama itu program nasional, yang diturunkan melalui dana APBN Kementerian Sosial. Untuk Buton Utara mendapatkan kuota 500 KK, sebanyak 50 kelompok," ujarnya. Selain itu, kata Muliana, Butur akan mendapatkan bantuan bedah rumah tidak layak huni, sebanyak 50 unit dengan besaran anggaran Rp15 juta satu rumah.

"Kalau kelompok usaha bersama Rp25 juta satu kelompok sebanyak 10 KK, sedangkan bantuan sarana lingkungan untuk di desa hanya satu kuota yang akan ditempatkan di Lambale," ungkapnya.

Mantan Asisten Pemda Butur ini menambahkan, program prioritas dinas sosial untuk tahun ini adalah perbaikan data orang tidak mampu. Menurutnya, dengan perbaikan data itu dapat mempermudah masuknya bantuan dari pusat.

"Seluruh bantuan sosial harus menggunakan data. Kalau data kita tidak bagus bantuan apa pun tidak akan dibiarkan, sebaliknya kalau data kita bagus akan turun sendirinya (bantuan, red) biar tidak diminta," tandasnya. (k10/c)

  • Bagikan