Golkar Buka Penjaringan Bakal Calon Bupati Kolaka

  • Bagikan
Ketua DPD II Golkar Kolaka, Farhana Mallawangan

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka - Partai Golkar secara resmi mengumumkan pembukaan penjaringan calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Kolaka 2024. Pendaftaran dibuka mulai 20 sampai 27 Maret 2024 di Kantor DPD II Golkar Kolaka, Jalan Pahlawan, Kelurahan Watuliandu, Kolaka.

Ketua DPD II Golkar Kolaka Farhana Mallawangan mengatakan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di partainya dibuka secara umum, baik kader maupun non kader. Pendaftar dapat mengambil formulir kepada panitia mulai pukul 10.00-16.00 Wita. "Pendaftaran kami buka secara umum, baik kader maupun non kader," kata Farhana via whatsapp, Selasa (19/3).

Berdasarkan hasil Pileg Februari lalu, Golkar sendiri meraih 2 kursi di DPRD Kolaka. Artinya, pasangan calon bupati dan wakil bupati yang ingin diusung Golkar di Pilkada Kolaka harus mencari dukungan dari partai lain agar memenuhi syarat minimal 6 kursi.

Meski demikian, Farhana berharap calon bupati yang ingin didukung Golkar bisa menggandeng kader partainya sebagai wakilnya. Golkar Kolaka akan mendorong kadernya sendiri untuk bakal calon wakil bupati. "Harapan kami yang keluar dari pintu Golkar kiranya bisa berpasangan dengan kader Golkar, agar lebih maksimal perjuangan kami. Karena kami menginginkan pasangan calon yang didukung Golkar menjadi pemenang di Pilkada Kolaka," ujar Farhana.

Sekretaris DPD II Golkar Kolaka Al Muhktaram menambahkan, setelah tahapan pendafataran ditutup pada 28 Maret, internal Golkar Kolaka akan melakukan survey elektabilitas bagi para pendaftar sebelum direkomendasikan ke DPD I. Maksimal ada tiga nama pendaftar yang akan diusul ke DPD I Golkar.

"Nanti kita akan survey elektabilitasnya siapa yang dianggap paling berpeluang menjadi bakal calon lewat pintu Golkar. Dari hasil survey itu, nanti kita usulkan tiga nama ke DPD I dan selanjutnya ke DPP untuk diputuskan menjadi satu nama," kata Al Muhktaram. (kal)

  • Bagikan