Muh. Hasbi Jamil Optimis Raih 1 Kursi DPRD Kolaka

  • Bagikan
Muh. Hasbi Jamil
  • Siap Perjuangkan Program Pro-Rakyat

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka - Berangkat dari niat ingin mengabdikan diri memperjuangkan kepentingan masyarakat, Muh. Hasbi Jamil membulatkan tekad maju sebagai calon legislatif (Caleg) DPRD Kolaka di daerah pemilihan (Dapil) Kecamatan Kolaka dan Latambaga. Caleg Partai Demokrat ini pun optimis dengan dukungan kuat masyarakat setempat, bisa mengantarkannya melenggang ke kursi parlemen pada pemilihan serentak 14 Februari 2024.

Hasbi mengatakan selama melakukan sosialisasi di dapilnya, ia mendapat sambutan positif dari masyarakat. Sejumlah warga Kolaka dan Latambaga menitip harapan besar kepadanya agar memperjuangkan aspirasi mereka ketika duduk di kursi parlemen nanti. "Selama proses kampanye, saya aktif terlibat dengan masyarakat Dapil 1. Saya telah mendengarkan aspirasi dan kekhawatiran mereka dengan seksama. Dengan mendekatkan diri kepada konstituen, saya optimis bahwa dukungan masyarakat akan menjadi kekuatan utama dalam pencapaian tujuan politik saya," ungkap Hasbi Jamil kepada Kolaka Pos, akhir pekan kemarin.

Ia pun optimis dengan dukungan tersebut, akan mengantarkannya merebut 1 kursi DPRD Kolaka periode 2024-2029. "Saya merasa
optimis karena saya memiliki pengalaman yang relevan dan dedikasi yang tinggi terhadap pelayanan publik. Sebagai seorang yang telah terlibat dalam berbagai inisiatif masyarakat dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan Dapil 1 Kabupaten Kolaka, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang berarti," kata Hasbi.

Hasbi Jamil membeberkan sejumlah gagasan program pro-rakyat yang siap diperjuangkan ketika duduk di kursi parlemen nanti. Diantaranya, pembenahan infrastruktur. Ia menilai pembangunan dan perbaikan infrastruktur dalam wilayah kota Kolaka belum optimal. "Untuk itu, saya akan berjuang mendapatkan alokasi anggaran yang memadai untuk memperbaiki dan membangun infrastruktur, seperti jalan, jembatan, dan sarana umum lainnya agar masyarakat setempat dapat merasakan perubahan positif dalam kehidupan sehari-hari mereka," ujarnya.

Selain itu, dia berkomitmen memperjuangkan kepentingan pelaku usaha lokal. Berlatarbelakang sebagai pengusaha, Hasbi tahu betul bagaimana pentingnya melibatkan pengusaha lokal untuk mendorong peningkatan ekonomi daerah. "Saya akan mendorong pemerintah daerah melalui kebijakan dan program yang mendukung pelaku usaha lokal, meningkatkan lapangan kerja, dan mempromosikan potensi ekonomi khususnya di Dapil Kolaka-Latambaga. Ini termasuk pemberdayaan petani dan pelaku usaha kecil. Saya juga akan memfokuskan upaya pada pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Ini termasuk pengembangan kebijakan dan program untuk membantu UMKM tumbuh dan menciptakan lapangan pekerjaan baru di tingkat lokal." jelasnya.

Tak hanya itu, Hasbi juga memastikan akan terlibat aktif mengawal program pemerintah dalam peningkatan keterampilan kerja bagi anak-anak muda Kolaka. Hal ini dinilai penting dipersiapkan, agar ke depan generasi muda Kolaka bisa menghadapi persaingan pasar kerja yang semakin ketat. "Saya akan merancang program pelatihan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja lokal. Dengan meningkatkan keterampilan pekerja lokal, kita dapat menciptakan sumber daya manusia yang lebih kompeten dan siap bersaing di pasar kerja," ungkapnya.

Program lainnya, mendukung peningkatan ekonomi di sektor pertanian. Potensi pertanian di wilayah Kecamatan Kolaka dan Latambaga harus mendapat dukungan nyata dari pemerintah. "Sektor pertanian adalah salah satu potensi besar di Kecamatan Kolaka dan Latambaga. Untuk itu, saya akan bekerja untuk meningkatkan investasi dan memberikan dukungan kepada para petani lokal. Selain meningkatkan hasil pertanian, ini juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan di sektor pertanian dan agribisnis," tuturnya.

Sementara di bidang pendidikan, alumni SMAN 1 Kolaka ini punya keinginan memastikan peningkatan akses dan kualitas pendidikan di daerah pemilihannya. "Ini melibatkan pengadaan sarana pendidikan, pelatihan guru, dan peningkatan kurikulum agar anak-anak kami memiliki akses terbaik untuk mendapatkan pendidikan berkualitas," ujarnya.

Hasbi juga menyatakan siap berupaya mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat Bumi Mekongga secara menyeluruh. Peningkatan pelayanan kesehatan, pemberdayaan masyarakat, dan program-program kesejahteraan sosial yang berkelanjutan, juga akan menjadi fokus utamanya ketika duduk di kursi parlemen. "Penanggulangan kemiskinan juga akan menjadi fokus utama saya. Saya akan bekerja sama dengan pemerintah dan pihak terkait untuk merancang program-program yang berkelanjutan, memberikan pelatihan keterampilan, dan menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat yang kurang mampu," kata Hasbi.

Berikut profil Muh. Hasbi Jamil. Pria kelahiran 23 November 1981 ini merupakan salah satu tokoh pemuda Kolaka yang banyak membantu warga tertimpa musibah melalui Program Peduli. Selama bertahun-tahun, Hasbi konsisten memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga yang sedang mengalami kesulitan tersebut. Ia berprinsip sekecil apapun kontribusi kita, akan sangat bermanfaat bagi orang lain.

Hasbi merupakan putra dari pasangan H. M. Jamil Saing (alm) dan Hj. Fatimah Thayeb. Saat ini ia dikaruniai tiga orang anak, buah hati dari pernikahannya dengan istri tercinta Hj. Fitriani.

Sebelum terjun ke dunia politik, alumni SMAN 1 Kolaka ini pernah bergelut sebagai pedagang di Pasar Raya Mekongga. Ia juga pernah tercatat sebagai karyawan transportir Pertamina, PT Mekongga Putra Jaya. Hingga kemudian Hasbi Jamil mendirikan perusahaan sendiri yang bergerak di bidang konstruksi, yakni CV Anutta Jaya Kolaka.

Di dunia politik, Hasbi awalnya bergabung dengan Partai Nasdem. Ia pernah menduduki posisi strategis sebagai Sekretaris DPD Partai Nadem Kolaka periode 2011-2013. Hingga pada akhirnya pada tahun 2022, Hasbi memutuskan bergabung dengan Partai Demokrat dan maju menjadi Caleg di Dapil Kolaka-Latambaga dengan nomor urut 1. (kal)

  • Bagikan