Demokrat Optimis Raih Kursi Ketua DPRD Kolaka

  • Bagikan
Ketua DPC Partai Demokrat Kolaka Djabir Teto Lahukuwi bersama Caleg Demokrat saat mendaftar di KPU Kolaka, Mei 2023 lalu. FOTO: Dokumen Kolaka Pos

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka - Bendera Partai Demokrat berkibar di Kabupaten Kolaka pada Pemilu tahun ini. Jika pada Pemilu 2019 lalu partai bintang Mercy hanya meraih dua kursi di parlemen, kini partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu diprediksi meraih lima kursi. Bahkan ketua DPC Demokrat Kolaka Djabir Teto Lahukuwi masih menyimpan optimisme meraih kursi keenam dari Dapil 2 (Wundulako, Baula, Pomalaa).

Djabir mengungkapkan perolehan kursi tersebut berdasarkan hasil hitungan sementara internal partainya. Dari lima kursi, Demokrat memastikan memperoleh dua kursi di dapil 2 (Wundulako, Baula, Pomalaa), yang diraih oleh dua caleg incumbent yakni Ramadhan Husain dan Nasruddin Gombi. "Ramadhan dan Nasruddin masing-masing memperoleh lebih dari 3.000 suara, kursi pertama Ramadhan," kata Djabir, Kamis (22/2/2024).

Bahkan Djabir yakin perolehan suara Demokrat dari dapil 2 kemungkinan masih bisa bertambah menjadi tiga kursi. "Sekarang ini kita masih kawal penghitungan suara di Kecamatan Wundulako. Kita sudah kantongi 8.000 lebih dari hasil pengitungan di Kecamatan Baula dan Pomalaa. Mudah-mudahan dengan tambahan hasil penghitungan di Kecamatan Wundulako, kita bisa mendapatkan lebih dari 9.000 suara. Kalau itu terjadi, maka Demokrat berpeluang mendapat tiga kursi untuk zona 2 Kolaka," jelasnya.

Djabir menyebut perebutan kursi ke 8 atau kursi terakhir di dapil 2 sangat ketat. Demokrat bersaing dengan PDIP yang juga berpeluang memperoleh dua kursi di dapil 2. "Sekarang ini kan (di dapil 2) lagi bersaing Golkar dan PKS. Kalau diantara partai ini tidak dapat kursi, maka Demokrat bisa dapat tambahan satu kursi lagi. Tetapi kita juga lagi melihat PDIP berpeluang memperoleh dua kursi di dapil 2. Kalau PDIP dua kursi di dapil 2, maka Demokrat tetap dua kursi tidak jadi tiga kursi," ujarnya.

Berdasarkan hitungan sementara internal partai, Djabir mengkalim Demokrat sudah mengumpulkan lebih dari 14.000 suara dari empat dapil di Kolaka. Caleg Demokrat dengan suara tertinggi di dapil 1 Kolaka-Latambaga diraih oleh Hj. Marlina Abu. Sementara di dapil 3 dan 4 masing-masing diraih Rizal dan Awaluddin Paseng. Djabir memastikan ketiganya lolos ke parlemen bersama Ramadhan Husain dan Nasruddin Gombi. "Total suara Demokrat dari empat dapil lebih dari 14.000. Itu baru catatan sementara karena belum masuk semua, masih menunggu rekap dari tiap kecamatan," katanya.

Perolehan kursi Demokrat di Kolaka melebihi target. Sebelumnya, Demokrat hanya menargetkan empat kursi dari empat dapil di Kolaka. Prestasi ini disebut Djabir berkat kepercayaan masyarakat terhadap Partai Demokrat yang terus meningkat. Juga didukung dengan caleg- caleg yang diusung Demokrat mempunyai kualitas yang mumpuni. "Waktu penjaringan bakal caleg lalu, saya sebagai pimpinan partai mencari dan merangkul figur yang sungguh-sungguh ingin turun ke masyarakat mencari suara. Bukan karena dia hanya punya modal, tapi harus kuat dan bersungguh-sungguh turun ke masyarakat." pungkas Djabir. (kal)

  • Bagikan