Balita 4 Tahun Sembuh dari Covid-19

  • Bagikan
Kepulangan FAZ dan orang tuanya dilepas oleh Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolaka, AKBP Saiful Mustofa Ketua didampingi Harian dan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolaka, Dwi Dharma dan dr Muhammad Aris di SIKIM Kolaka, Sabtu (20/6). FOTO: Ist/ Kolaka Pos
KOLAKAPOS, Kolaka -- FAZ, balita perempuan berusia 4 tahun asal Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka akhirnya dinyatakan sembuh dari Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). FAZ sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah usai menjalani isolasi selama 16 hari di Sentra Industri Kecil dan Menengah (SIKIM) Kolaka.
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolaka, dr Muhammad Aris mengatakan sebelum dinyatakan sembuh balita tersebut telah melakukan pemeriksaan swab kontrol sebanyak dua kali dan hasilnya negatif. "Berdasarkan hasil pemeriksaan swab kontrol dari Laboratorium RS Bahteramas Kota Kendari yang dilakukan sebanyak dua kali dinyatakan sembuh," kata dr Muhammad Aris melalui WhatsApp, kemarin.
Ketua IDI Kolaka itu menambahkan, selama menjalani isolasi di SIKIM balita FAZ ditemani orang tuanya. "Selama masa isolasi anak itu tidak pernah mengeluhkan sakit," ucapnya.
Kepulangan FAZ dan orang tuanya dilepas oleh Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolaka, AKBP Saiful Mustofa Ketua didampingi Harian dan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolaka, Dwi Dharma dan dr Muhammad Aris pada Sabtu (20/6). Kepada orang tuanya diserahkan surat keterangan selesai karantina dan buket bunga.
Untuk diketahui, sebelumnya balita FAZ dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 pada 5 Juni 2020 lalu. Kasus pada balita ini merupakan kasus sporadik, karena tidak ditemukan ada hubungannya dengan klaster yang ada di Sultra. Kasus ini ditemukan saat dilakukan rapid test secara massal di Kabupaten Kolaka. Berdasarkan hasil rapid test itu, FAZ menunjukkan gejala reaktif terhadap Covid-19. Sehingga, langsung dilakukan pengambilan sampel pemeriksaan swab terhadap seluruh keluarganya.
Dari hasil pemeriksaan swab satu keluarga itu, hanya FAZ yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Diperkirakan, anak ini terjangkit dari orang tuanya yang memiliki riwayat perjalanan dari Makassar, Sulawesi Selatan. (kal)
  • Bagikan