Bupati Kolaka Support Pembangunan MTs Khalilul Qur’an

  • Bagikan
Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei menyerahkan bantuan secara simbolis senilai Rp100 juta untuk biaya pembangunan MTs Khalilul Qur'an. FOTO: Kaulia Ode/ Kolaka Pos

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka - Pembangunan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Khalilul Qur'an Al-Insan yang terletak di Kelurahan Lolambaa, Kabupaten Kolaka resmi dimulai. Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, Minggu (30/7). Pada kesempatan itu, Bupati H. Ahmad Safei turut menyerahkan bantuan senilai Rp100 juta untuk biaya pembangunan MTs tersebut. Turut hadir Imam besar Masjid Al Alam Kendari KH. Muhammad Sabir, Kabag Kesra Setda Kolaka Syaifuddin Mustaming, Kepala BKPSDM Hj. Andi Wahidah, perwakilan Polres Kolaka, dan Dandim 1412 serta udangan lainnya.

Bupati H. Ahmad Safei mengatakan, sejak memimpin Kolaka, pembangunan sarana pendidikan Islam semakin banyak. Ia pun bersyukur karena pembangunan sarana pendidikan Islam seperti MTs Khalilul Qur'an selaras dengan program Pemda Kolaka, yakni mempersiapkan generasi religi yang cerdas, terampil, dan berbudi luhur, serta memiliki kemampuan dasar keislaman yang kokoh. Sekaligus memajukan dunia pendidikan Islam di Wonua Sorume. "Saya berharap pembangunan sarana pendidikan keagamaan seperti ini tidak henti-hentinya, demi masa depan generasi muda di Kolaka," kata H. Ahmad Safei dalam sambutannya.

Bupati dua periode itu mengungkapkan ada perbedaan mendasar antara sekolah umum dengan sekolah bernuansa Islam, yakni ajaran adab. "Adab itu sesuatu yang hampir tidak pernah dipelajari di sekolah umum. Padahal adab ini adalah kunci kehidupan, karena percuma berilmu tinggi kalau tidak beradab. Olehnya itu saya selalu titipkan kepada pembina-pembina pondok agar tak henti-hentinya mengajarkan adab kepada generasi- generasi kita," ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Yayasan Khalilul Qur'an Al-Insan, Ustaz Muslim mengatakan Mts Khalilul Qur'an dibangun di atas lahan seluas 3.000 meter persegi. Lahan tersebut merupakan wakaf dari owner Pondok Icha. "Mts ini didesain dua lantai terdiri dari empat lokal, yaitu gedung ruang belajar, kantor, dan asrama. Nantinya di MTs ini para santri dapat memimba ilmu pelajaran umum sambil menghafal Al-Qu'ran. Pagi sekolah, siang sampai malam menghafal," kata Ustaz Muslim.

Muslim menambahkan, Yayasan Khalilul Qur'an berdiri sejak Juli 2017. Saat ini memiliki dua gedung di Jalan Abadi, Kelurahan Kolakaasi, Kecamatan Latambaga, Kolaka. Ada empat jurusun di pondok tersebut yakni empat tahsin, tilawah, tahfidz, dan dakwah. Tak sedikit santri dan santriwatinya mengukir prestasi hingga ke tingkat nasional. (kal)

  • Bagikan