Apa Itu Quilt Cover? Ini Pengertian dan Bedanya dengan Bedcover

  • Bagikan

https://www.pexels.com/photo/wooden-carved-bed-with-white-canopy-and-rugs-in-a-bedroom-12715595/

Quilt cover dan bed cover mungkin seringkali dianggap sama oleh kebanyakan orang. Meskipun keduanya bisa difungsikan untuk selimut, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Kedua barang ini seringkali ditemukan di dalam rumah, baik difungsikan sebagaimana mestinya atau hanya sebagai dekorasi. 

Quilt cover adalah lembaran sarung tanpa isi dan umumnya digunakan untuk lapisan duvet, sedangkan bed cover adalah kain lapisan sprei dengan isian dan dijahit sekaligus dengan sarung . Melalui artikel ini akan dijelaskan secara rinci perbedaan bed cover dan bed cover. 

Apa Itu Quilt Cover? Pengertian dan Bedanya dengan Bedcover

Beberapa orang terkecoh dengan istilah quilt cover dan duvet, padahal keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Inilah perbedaan quilt cover dan bed cover yang wajib Anda ketahui.

Quilt cover memang didesain khusus untuk lapisan duvet. Layaknya bed cover, quilt cover juga berasal dari berbagai jenis kain. Quilt cover adalah lapisan untuk duvet dimana bagian dalamnya terdapat tali pengikat dan resleting sebagai penutup dari quilt cover. Inilah perbedaannya dengan bed cover:

1. Ketebalan

Dari segi ketebalan, bed cover didesain lebih tebal dibandingkan dengan quilt cover. Bed cover umumnya memiliki ketebalan isi hingga 4 cm karena sesuai fungsinya untuk selimut. Sedangkan quilt cover memang digunakan untuk lapisan duvet saja sehingga dari segi ketebalan memang jauh berbeda atau lebih tipis. Keduanya terbuat dari jenis kain yang bervariasi.

2. Bahan Pembuat

Bahan pembuat bed cover dan quilt cover sangat beragam sesuai dengan fungsinya masing-masing. Bahan pembuat bed cover yakni kain linen, kain satin, polyester, kain sutra dan flanel. 

Sedangkan bahan pembuatan quilt cover menggunakan bahan disesuaikan dengan fungsinya sebagai lapisan duvet sehingga tidak terlalu tebal. Umumnya, disesuaikan dengan motif sprei dan sarung bantal.

3. Penempatan

Penempatan bed cover diletakkan di atas bed sheet atau sprei. Sedangkan, quilt cover diletakkan di bagian terluar dari duvet.

4. Fungsi

Baik bed cover maupun quilt cover memiliki fungsi yang berbeda. Bedcover memiliki fungsi yang lebih variatif. Bed cover umumnya digunakan untuk menutupi sprei atau bisa juga digunakan untuk selimut. Sedangkan, quilt cover difungsikan untuk melindungi duvet dari debu dan kotoran karena sesuai dengan fungsinya sebagai lapisan terluar dari duvet.

5. Ukuran

Dari segi ukuran, bed cover dan quilt sangat berbeda. Bed cover memiliki ukuran yang lebih lebar dari ukuran kasur, karena kegunaannya untuk selimut maupun untuk dekorasi kamar. Sedangkan, ukuran quilt cover disesuaikan dengan ukuran duvet.

Jika ditarik kesimpulan maka bedcover dan quilt cover memiliki perbedaan yang menonjol dari berbagai segi, baik ketebalan, bahan, letak penempatan, fungsi dan juga ukurannya. Sehingga, ini memudahkan Anda untuk membelinya tanpa takut salah. Agar kamar tidur semakin nyaman memang penting untuk menambahkan bed cover maupun quilt cover.

Umumnya, kebanyakan orang memang sudah menggunakan bed cover namun jarang yang menggunakan quilt cover. Padahal, keduanya sangat berfungsi untuk kenyamanan saat tidur. Quilt cover adalah salah satu penunjang agar dipan kamar tidur lebih nyaman dan rapi.

Untuk mendapatkan beragam jenis dan pilihan quilt cover, Anda bisa menemukannya di marketplace Blibli. Blibli merupakan marketplace ternama yang menyediakan berbagai kebutuhan Anda dengan lengkap.

Anda juga bisa menikmati voucher diskon maupun promo menarik lainnya dengan belanja di Blibli. Cukup satu aplikasi saja Anda bisa melakukan berbagai transaksi, baik pembelian, penjualan, hingga pembayaran tagihan. Install Blibli sekarang juga, ya. (*)

  • Bagikan