Buka Kolaka Job Fair, Wamenaker Minta Pelaksanaan Berkelanjutan

  • Bagikan
Kolaka Job Fair dan Festival Pelatihan Vokasi dibuka oleh Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Noor didampingi Pj Bupati Kolaka Andi Makkawaru dan Kadis Nakertrans Kolaka Andi Pangoriseng, Kamis (22/2/2024).

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka - Pemerintah Kabupaten Kolaka melaksanakan Job Fair dan Festival Pelatihan Vokasi dalam rangkaian peringatan HUT ke 64 Kolaka. Berlangsung di lapangan tennis Gelora Kolaka, Kamis (22/2/2024), kegiatan itu dibuka Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Noor.

Kegiatan ini kata Wamen, merupakan hal yang sangat baik. Sebab, memudahkan masyarakat yang mencari peluang kerja, serta yang ingin mendapatkan informasi pasar kerja. "Kementerian ketenagakerjaan (Kemnaker) khususnya melalui pusat pasar kerja, melakukan kerjasama dengan dinas-dinas terkait di kabupaten, kota dan provinsi untuk menggelar bursa kerja dan itu sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Di 2023 lalu, kami sudah melakukan kerja sama hampir 89 kabupaten, kota dan provinsi untuk melakukan pelatihan dalam rangka pasar kerja tersebut, dalam rangka untuk merekrut anak-anak kita yang mencari peluang kerja, atau ingin mendapatkan informasi pasar kerja melalui job fair," ujarnya.

Ia mengungkapkan, keterlibatan perusahaan yang ikut berpartisipasi dalam bursa kerja di Kolaka sekitar 40 perusahaan yang didominasi bidang pertambangan. Untuk itu, ia berharap job fair ini bisa terus diadakan. "Saya berharap para pencari kerja yang ada di Kolaka bisa difasilitasi untuk mendapatkan pekerjaan, sehingga mereka bisa bekerja di perusahaan yang ada di daerah ini," ujarnya.

Ia menambahkan, pemerintah saat ini menekankan kepada perusahaan dapat memberikan kesejahteraan untuk wilayah kabupaten kota dimana mereka berada. "Ini penting, karena bagaimanapun SDA yang ada di wilayah kita itu, agar tentunya bisa kita nikmati bersama dengan perusahaan atau investor yang berada di wilayah kita," tandasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Kolaka Andi Makkawaru mengatakan, kegiatan job fair ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pencari kerja, sehingga bisa bertemu langsung dengan perusahaan yang membutuhkan karyawan. Kedua, pelatihan vokasi ini juga bertujuan memberikan kesempatan angkatan kerja meningkatkan keterampilan, pengetahuan mereka, untuk meningkatkan daya saing termasuk daya saing antar tenaga kerja lokal Kolaka, sehingga membantu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. "Kami berharap dapat membangun Kolaka melalui tenaga kerja lokal, dalam menyediakan peluang karir yang berkelanjutan," paparnya.

Ia berharap, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dapat terus memberikan informasi terkait kebutuhan pasar kerja. "Kami berharap, agar terus dapat memberikan informasi terkait kebutuhan pasar kerja, serta pelatihan apa saja yang dibutuhkan angkatan kerja yang ada di kabupaten Kolaka," ujarnya.

Andi Makkawaru mengungkapkan, pada 2023 pencari kerja di Kolaka sebanyak 8.661 orang, sedangkan lowongan yang terdata di dinas tenaga kerja sebanyak 1.108 orang. Untuk itu, ia mengajak seluruh angkatan kerja yang ada di Kolaka untuk memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik baiknya, dan persiapkan diri saat bertemu dengan para calon pemberi kerja. "Bagi para peserta pelatihan, ikutilah pelatihan job fair ini dengan tekun dan memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan," tandasnya. (hrn)

  • Bagikan