Firlan Edukasi Pemilih Pemula Agar Tidak Golput

  • Bagikan
Anggota DPRD Kolaka Firlan Muharram Alimsyah, saat memberikan edukasi kepada para pemilih pemula di SMAN 1 Wundulako. FOTO: Neno/ Kolaka Pos

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka - Anggota DPRD Kolaka, Firlan Muharram Alimsyah memberikan edukasi bagi pelajar agar tidak golput dan bisa berperan aktif pada Pemilu 2024. Hal itu disampaikan Firlan ketika didaulat menjadi narasumber dalam sosialisasi pemilih pemula yang dilaksanakan Kesbangpol Kolaka di SMA Negeri 1 Wundulako, Jumat (3/11).

Firlan mengatakan, kegiatan sosial pendidikan bagi pemilih pemula yang diselenggarakan oleh Kesbangpol Kolaka yang melibatkan anggota DPRD Kolaka, KPU Kolaka dan Bawaslu Kolaka dan peserta didik SMA Negeri 1 Wundulako khusus yang duduk di kelas XII atau kelas 3 karena sudah menjadi pemilih pemula.

Pada prinsipnya untuk memberikan edukasi kepada siswa agar tidak salah memilih dan tidak golput, serta terlibat aktif pada Pemilu 2024 mendatang. Karena salah satu kunci suksesnya Pemilu tergantung dari peran generasi muda. 

"Jadi yang memberikan materi terkait teknis masing-masing berdasarkan tupoksinya baik dari KPU maupun Bawaslu. Sedangkan saya dari DPR menyampaikan terkait saya sebagai DPR, bukti kongkrit paket atau prodak yang pernah dipilih melalui pesta demokrasi pemilu hasil seperti yang dilihat adik-adik peserta didik. Sehingga para pemilih pemula khusus para siswa, bisa menilai dan memilih calon anggota DPR ataupun kepala daerah dan presiden, seperti apa yang diharapkan bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat," katanya. 

Sebab, kata ketua PD Muhammadiyah Kolaka ini, calon yang akan dipilih tergantung program kerja calon tersebut utamanya rekaman jejak para calon, agar pemilih pemula tidak salah memilih. Sehingga objek penilaiannya sangat sederhana, yaitu dengan melihat kedekatan dan apa yang sudah dilakukan para calon agar tidak salah memilih. 

"Saya sampaikan kepada para siswa bahwa kedepannya juga yang namanya money politik itu sangat kental akan terjadi, sehingga siswa jangan muda terpengaruh dengan iming-iming tersebut sehingga mudah untuk dipilih tanpa melihat calon tersebut," ucapnya. 

Olehnya itu, Firlan berharap agar pada Pemilu nanti, akan mencetak para pemimpin yang bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat seperti apa yang diharapkan.  "Kita berharap di Pilcaleg mendatang bisa menghasilkan pemimpin yang berintegritas tinggi dan amanah menjadikan negeri ini, daerah kita bisa lebih maju karena tidak salah memilih. Pilihlah orang yang mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat tidak hanya datang duduk diam dan menerima gaji, tanpa bisa berbuat untuk masyarakat," harapnya.

Kegiatan sosialisasi yang diikuti ratusan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Wundulako itu juga dihadiri narasumber Kepala Kepala Kesbangpol Kolaka, Ketua KPU, dan Komisioner. (eno)

  • Bagikan